ELVA ELTYA NURAINI, 12201193366 (2023) PERAN GURU PAI DALAM MENANAMKAN NILAI-NILAI TOLERANSI BERAGAMA UNTUK MENCIPTAKAN KERUKUNAN PESERTA DIDIK DI SMK SORE TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (2MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (412kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (254kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (313kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (483kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (866kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (237kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI Dalam Menanamkan Nilai-nilai Toleransi Beragama Untuk Menciptakan Kerukunan Peserta Didik Di SMK “SORE” Tulungagung” ini ditulis oleh Elva Eltya Nuraini, NIM. 12201193366, Pembimbing Dr. Hj. Indah Khomsiyah, S.Ag., M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Nilai-nilai Toleransi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajemukan pada bangsa Indonesia. Keberagaman beragama di Indonesia, terkadang masih sering terjadi sikap Intoleransi dan kekerasan atas nama agama tertentu dalam kehidupan beragama. Persoalan intoleransi antar umat beragama yang meningkat, maka menjadikan pendidikan agama mengambil peran yang lebih besar untuk mengatasi persoalan intoleran pada peserta didik. Guru PAI berperan mengarahkan peserta didik dengan memberikan pengenalan kepada lingkungan yang multikultural sehingga bisa memahami pentingnya toleransi dan kerukunan antar agama. Fokus penelitian dalam skripsi ini: 1) Bagaimana peran guru PAI sebagai educator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama untuk menciptakan kerukunan peserta didik di SMK “SORE” Tulungagung?, 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama untuk menciptakan kerukunan peserta didik di SMK “SORE” Tulungagung?, 3) Bagaimana peran guru PAI sebagai evaluator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama untuk menciptakan kerukunan peserta didik di SMK “SORE” Tulungagung?. Adapun tujuan penelitian skripsi ini: 1) Untuk memaparkan peran guru PAI sebagai educator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama untuk menciptakan kerukunan peserta didik di SMK “SORE” Tulungagung, 2) Untuk memaparkan peran guru PAI sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama untuk menciptakan kerukunan peserta didik di SMK “SORE” Tulungagung, 3) Untuk memaparkan peran guru PAI sebagai evaluator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama untuk menciptakan kerukunan peserta didik di SMK “SORE” Tulungagung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer berbentuk wawancara dan observasi, serta data sekunder dalam bentuk dokumen. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi, perpanjangan pengamatan, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, dan review informan. Dari penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil berupa: 1) Peran guru PAI sebagai educator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama untuk menciptakan kerukunan peserta didik di SMK “SORE” Tulungagung yaitu menjadi teladan untuk bersikap menghargai dan menghormati perbedaan agama, membimbing kepribadian sosial peserta didik sehingga tercipta pembelajaran yang kondusif, memberikan pengarahan pada penyampaian materi pembelajarantoleransi. 2) Peran guru PAI sebagai motivator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama untuk menciptakan kerukunan peserta didik di SMK “SORE” Tulungagung yaitu menciptakan pembelajaran menyenangkan dalam penyampaian nilai toleransi, mendorong pemahaman toleransi peserta didik untuk kerjasama sehingga tercipta kerukunan, menggerakkan siswa untuk mengikuti kegiatan keagamaan. 3) Peran guru PAI sebagai evaluator dalam menanamkan nilai-nilai toleransi beragama untuk menciptakan kerukunan peserta didik di SMK “SORE” Tulungagung yaitu membina komunikasi yang baik antara guru PAI dan peserta didik, mengatasi permasalahan pada siswa apabila terjadi masalah terkait toleransi beragama, memberikan evaluasi penilaian sikap peserta didik dalam bertoleransi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201193366 Elva Eltya Nuraini |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 02:05 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 02:05 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39823 |
Actions (login required)
View Item |