PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISKUSI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PAIR CHECK PADA PEMBELAJARAN IPS DI MIN 11 BLITAR

DINDA DWI PITARANI, 12205193104 (2023) PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN DISKUSI PESERTA DIDIK MELALUI MODEL PAIR CHECK PADA PEMBELAJARAN IPS DI MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (428kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (106kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Diskusi Peserta Didik Melalui Model Pair Check Pada Pembelajaran IPS di MIN 11 Blitar. Ini ditulis oleh Dinda Dwi Pitarani, NIM. 12205193104, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Skripsi Hafidz Rosyidiana, M.Pd. NIP. 1989042920201218008 Kata Kunci : Peran Guru , Model Pair Check, Pembelajaran IPS Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah yang dialami oleh peserta didik pada tingkat madrasah ibtidaiyah pada saat pembelajaran IPS. Serta betapa pentingnya peran guru dan model pembelajaran karena dengan tepatnya peran guru maka pembelajaranpun terasa sangat menyenangkan bagi peserta didik. Dimana pada saat proses pembelajaram IPS saat ini ada berbagai masalah yaitu banyak anak yang meraasa bosan mendengarkan penjelasan dari guru karena banyaknya ceramah, dan materi yang cukup banyak. Sehingga yang terjadi peserta didik kurang tertarik untuk mengikutii pelajaran yang dijelaskan oleh gurunya. Selanjutnya guru juga belum dapat membangkitkan minat dan motivasi untuk belajar. Oleh karena itu dibutuhkan suatu peran dan model pembelajaran yang dapat memberikan perhatian dan membangkitkan minat dan motivasi peserta didik untuk belajar.Model Pair Check merupakan model pembelajaran yang dapat memberikan semangat dan perhatian karena peserta didik diikut sertakan dalam proses pembelajaran. Dengan melibatkan peserta didik mereka merasa dihargai dan diperhatiakn sekaligus pembelajaran menjadi menyenangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendiskripsikan peran guru sebagai pendidik dalam menerapkan model Pair Check pada pembelajaran IPS di MIN 11 Blitar. (2) mendiskripsikan peran guru sebagai fasilitator dalam meningkatkan kemampuan diskusi peserta didik melalui model Pair Check pada pembelajaran IPS di MIN 11 Blitar. (3) mendiskripsikan peran guru sebagai demostrator dalam meningkatkan kemampuan diskusi peserta didik melalui model Pair Check pada pembelajaran IPS di MIN 11 Blitar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian berada di MIN 11 Blitar. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri dan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1)peran guru sebagai pendidik dalam menerapkan model pair check pada pembelajaran IPS yang pertama kegiatan apersepsi dan penguatan karakter kemudian menentukan topik yang akan didiskusikan dan memberikan tujuan dari diadakannya kelompok tersebut kemudian memberikan langkag-langkah berdiskusi kemudian guru sebagai fasilitator dalam jalannya diskusi. (2) peran guru dalam meningkatkan diskusi melalui model pair check pada pembelajaran IPS adalah mengarahkan peserta didik untuk mencapai tujuan pembelajaran, guru sebagai fasilitator artinya guru sebagai pemimpin jalannya diskusi guru harus mengetahui cara penyampaian materi kepada peserta didik melalui model pembelajaran agar peserta didik dapat memahami serta pembelajaran menjadi menyenangkan dan mudah dipahami. Sedangkan (3) peran guru sebagai demostrator dalam meningkatkan kemampuan diskusi peserta didik melalui model pair check pada pembelajaran IPS di MIN 11 Blitar adalah type anak yang berbeda-beda, karakter peserta didik cenderung pendiam, kurangnya percaya diri untuk menyapaikan hasil diskusi, kesulitan dalam mengembangkan bahasa dalam berdiskusi selain itu juga guru yang jarang menerapkan model diskusi berkelompok dalam pembelajaran serta penguasaan dan persiapan guru yang masih kurang maksimal dalam menentukan strategi dan model pembelajaran oleh karena itu sebagai guru harus mengembangkan dan membantu anak untuk menjadi lebih mempunyai percaya diri.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205193104 Dinda Dwi Pitarani
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:30
Last Modified: 06 Sep 2023 04:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39833

Actions (login required)

View Item View Item