STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

PUTRI KHUSNUL KHULUQ, 12205193090 (2023) STRATEGI GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI MI HIDAYATUL MUBTADIIN WATES SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (136kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (358kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Kegiatan Keagamaan di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Putri Khusnul Khuluq, NIM 12205193090, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulullah Tulungagung yang dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I. Kata kunci: Strategi, Membentuk, Karakter, Kegiatan Keagamaan. Pendidikan merupakan suatu proses bimbingan atau tuntunan yang didalamnya mengandung unsur guru, peserta didik, tujuan dan sebagainya. Pendidikan sangat penting dilakukan sehingga semua orang sangat mendukung pentingnya Pendidikan. Dengan adanya Pendidikan dapat mengembangkan kecerdasa yang dimiliki oleh peserta didik. Tidak hanya Pendidikan umum saja yang perlu dikembangkan, akan tetapi Pendidikan karakter juga perlu diperhatikan dan dikembangkan sedari dini. Pendidikan karakter adalah suatu proses pembentukan moral baik pada diri seseorang yang perlu ditanamkan sedari dini. Karakter sangat berperan dalam menentukan kemajuan dan keberhasilan suatu bangsa. Karena keberhasilan suatu bangsa tidak hanya dilihat dari sumber daya alamnya sajayang melimpah melainkan ditentukan juga oleh kualitas dan karakter yang dimiliki oleh manusia. Karakter merupakan kualitas moral da mental seseorang yang pembentukanya dipengaruhi oleh lingkungan. Pada saat ini tak sedikit manusia yang kurang mendapatkan Pendidikan karakter yang cukup sehingga banyak masalah terjadi. Dalam hal ini guru hendaknya bisa memberikan Pendidikan karakter yang baik demi untuk melahirkan generasi yang bermoral dan berkualitas. Adapun fokus penelitian ini sebagai berikut: 1). Strategi guru dalam membentuk karakter peserta didik religius di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung; 2). Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius jenis kedisiplinan dalam membentuk karakter peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung; 3). Strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius jenis keteladanan dalam membentuk karakter peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Berdasarkan fokus penelitian tersebut penelitian ini mempunya tujuan yaitu 1). Untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung; 2). Untuk mengetahui bagaimana strategi guru dalam menamamkan nilai-nilai religious jenis kedisiplinan dalam membentuk karakter peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung; 3). Untuk mengetahui strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius jenis keteladana dalam membentuk karakter peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kulaitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dalam teknik mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara mendalam dan juga dokumentasi. Sedangkat teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Didalam pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini peneliti menemukan: 1). Dari hasil penelitian yang diperoleh strategi guru dalam membentuk karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yaitu dalam membentuk karakter peserta didik guru melakukan pembiasaan-pembiasaan yang dapat merubah karakter peserta didik; 2). Dari hasil penelitian yang diperoleh strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religious jenis akhlak dan kedisiplinan dalam membentuk karakter peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung yaitu untuk membentuk akhlak dan kedisiplinan pada peserta didik, guru memberi contoh yang baik atau menjadi model yang baik kepada peserta didik. Dalam melatih kedisiplinan para peserta didik guru membuat peraturan yang jelas untuk melatih kedisiplinan; 3). Dari hasil penelitian yang diperoleh strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religious jenis keteladanan dalam membentuk karakter peserta didik di MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagaung yaitu guru memberikan teladan yang baik agar ditiru oleh peserta didik yang akan berpengaruh bagi kebaikan peserta didik kedepanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Guru
Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: S1 12205193090 Putri Khusnul Khuluq
Date Deposited: 06 Sep 2023 06:40
Last Modified: 06 Sep 2023 06:40
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39837

Actions (login required)

View Item View Item