LILA FATMA FIRILLA, 12201193334 (2023) PERAN GURU PAI DALAM MEMBANGUN SIKAP MODERASI BERAGAMA SISWA DI SMK “SORE” TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (926kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (478kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (531kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (747kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (431kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru PAI dalam Membangun Sikap Moderasi Beragama Siswa di SMK “SORE” Tulungagung” ini ditulis oleh Lila Fatma Firilla, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Prim Masrokan Mutohar, M.Pd. Kata Kunci: Peran guru, PAI (Pendidikan Agama Islam), Moderasi Beragama. Siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh membangun sikap moderasi beragama siswa. Pengetahuan mengenai keagamaan yang berwawasan luas dan tidak sebagian-bagian wajib diajarkan di lembaga pendidikan supaya peserta didik yang merupakan generasi penerus bangsa dapat memiliki pijakan yang kuat terkait paham atas keagamaan. Oleh sebab itu diperlukan peran sosok figur guru agama yang baik sebagai educator, motivator, dan fasilitator dalam membangun sikap moderasi beragama guna kehidupan berbangsa, bernegara, dan kehidupan seharihari yang multikultural ini. Maka dalam penelitian ini, peneliti tertarik untuk mengangkat tema peran guru PAI dalam membangun sikap moderasi beragama siswa di SMK “SORE” Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peran guru PAI sebagai educator dalam membangun sikap moderasi beragama siswa di SMK “SORE” Tulungagung?; 2) Bagaimana peran guru PAI sebagai motivator dalam membangun sikap moderasi beragama siswa di SMK “SORE” Tulungagung?; 3) Bagaimana peran guru PAI sebagai fasilitator dalam membangun sikap moderasi beragama siswa di SMK “SORE” Tulungagung?Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif studi kasus. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK “SORE” Tulungagung. Subjek dari penelitian ini adalah guru PAI, Waka Kurikulum, dan peserta didik. Pengumpulan data dari penelitian ini yakni melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tahap analisis data yang digunakan peneliti yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, pemeriksaan sejawat melalui diskusi, review informan, dan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Sebagai educator dalam membangun sikap moderasi beragama siswa di SMK “SORE” Tulungagung, guru PAI memposisikan dirinya sebagai teladan dan role model, membuka wacana dan pemahaman siswa, serta mengarahkan kepribadian sosial siswa dalam membangun sikap moderasi beragama; 2) Sebagai motivator dalam membangun sikap moderasi beragama siswa di SMK “SORE” Tulungagung, guru PAI menggunakan dua metode yakni metode motivasi langsung dan metode motivasi tidak langsung; 3) Sebagai fasilitator dalam membangun sikap moderasi beragama siswa di SMK “SORE” Tulungagung, guru PAI berperan dengan menjalin komunikasi yang baik antar guru dan siswa, mengatasi permasalahan siswa terkait sikap moderasi beragama, dan penyelenggara kegiatan keagamaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201193334 LILA FATMA FIRILLA |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 06:29 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 06:29 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/39847 |
Actions (login required)
View Item |