PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI AL HUDA KARANGSARI REJOTANGAN TULUNGAGUNG

MOCH. KHOMARUL HUDA, 2817123104 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS V MI AL HUDA KARANGSARI REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover-Abstrak.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (282kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (14kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas V MI AL HUDA Karangsari Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Moch. Khomarul Huda, NIM: 2817123104, dibimbing oleh Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together(NHT) , Hasil Belajar, Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh kendala yang di hadapi oleh peserta didik di MI Al - Hudaketika pembelajaran Matematika khususnya di kelas V. Pada saat proses pembelajaran berlangsung tidak semua anak memperhatikan penjelasan dari pendidik, ketika pendidik memberikan pengarahan tidak semua peserta didik merespon dengan baik. Ada beberapa anak yang cenderung ramai, bermain sendiri, berbicara dengan teman sebangkunya sendiri ketika proses pembelajaran berlangsung. Metode yang digunakan oleh pendidik adalah metode ceramah dan diskusi, meskipun sudah menggunakan metode diskusi namun proses pembelajaran masih saja terlihat kurang efektif, kebanyakan dari peserta didik yang mempunyai kemampuan lebih mendominasi diskusi, sedangkan yang lain hanya diam saja dan bergurau dengan teman kelompoknya. Hal tersebut mengakibatkan hasil belajar matematikakurangataumasih di bawah KKM yang telahditetapkanyaitu 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana mekanisme penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pengurangan pecahan peserta didik kelas V MI Al – Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung? (2) Bagaimana hasil belajar yang diperoleh dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pengurangan pecahan peserta didik kelas V MI Al – Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung ?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan mekanisme penerapan model kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan pengurangan pecahan peserta didik kelas V MI Al – Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung (2) Mendeskripsikan hasil belajar yang diperoleh peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran matematika pokok bahasan penguranganpecahan peserta didik kelas V MI Al – Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) partisipan. Sumber data dalam penelitian tindakan kelas ini adalah peserta didik kelas V MI Al – Huda Karangsari Rejotangan Tulungagung. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dokumentasi, catatan lapangan. Model analisis data yang digunakan adalah reduksi data, menyajikan data, penarikan kesimpulan. Urutan kegiatan penelitian mencakup 4 tahap meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) pada pelajaran matematika ada 4faseyaitu: fasepenomoran,fasemengajukanpertanyaan, faseberfikirbersama, danfasemenjawab. (2) penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, hal ini dibuktikan pada hasil tes pada sebelum diadakannya penelitian, siklus I dan siklus II yang masing-masing mulai 45% (pra tindakan), 63,3% (siklus I) sampai 81,8% (siklus II) dengan nilai rata-rata 52,8 pada kegiatan pra tindakan, 73,9 pada siklus I dan 88,7 pada siklus II.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 2817123104 MOCH. KHOMARUL HUDA
Date Deposited: 05 Jan 2017 06:39
Last Modified: 05 Jan 2017 06:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/3990

Actions (login required)

View Item View Item