NURMAN ABU SHOLIKIN, 12204193085 (2023) KEMAMPUAN KONJEKTUR MATEMATIS SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH GARIS DAN BANGUN DATAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF SISWA KELAS VII DI MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (438kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (861kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (556kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (906kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (342kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Konjektur Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Garis dan Bangun Datar Ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VII MTs Darul Hikmah Tawangsari” ini ditulis oleh Nurman Abu Sholikin, NIM. 12204193085, Program Studi Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci : Kemampuan Konjektur, Garis dan Bangun Datar, Gaya Kognitif Kemampuan konjektur merupakan suatu kebutuhan yang harus diaplikasikan dalam pembelajaran sehingga siswa dapat memiliki keterampilan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga meningkatkan hasil belajar. Kemampuan konjektur merupakan kemampuan membuat dugaan berupa pernyataan yang dianggap benar yang berdasarkan fakta informal sehingga masih perlu dibuktikan secara formal. Jenis gaya kognitif siswa merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kemampuan matematis siswa, terutama kemampuan konjektur. Gaya kognitif adalah suatu cara yang dilakukan seseorang secara konsisten dalam mengelola informasi yang ia peroleh, menyimpan informasi tersebut, dan menggunakannya kembali untuk menanggapi situasi tertentu. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mendeskripsikan kemampuan konjektur siswa dengan gaya kognitif field dependent dalam menyelesaikan masalah garis dan bangun datar di MTs Darul Hikmah dan 2) untuk mendeskripsikan kemampuan konjektur siswa dengan gaya kognitif field independent dalam menyelesaikan masalah garis dan bangun datar di MTs Darul Hikmah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Lokasi yang digunakan dalam penelitian adalah MTs Darul hikmah Tawangsari. Subjek penelitian terdiri dari 2 siswa dengan gaya kognitif FI (Field Independent) dan 2 siswa dengan gaya kognitif FD (Field Dependent). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan dilakukan melalui ketekunan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian ini adalah 1) Siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya memenuhi satu indikator yakni mengajukan konjektur atau dugaan dan belum memenuhi indikator menguji kumpulan data, membuat aproksimasi, membuat spesifikasi tentang suatu hasil yang didapat dari suatu operasi atau percobaan, dan menguji konjektur menggunakan bukti formal dan 2) Siswa dengan gaya kognitif field Independent mampu memenuhi semua indikator yakni menguji kumpulan data, membuat aproksimasi, membuat spesifikasi tentang suatu hasil yang didapat dari suatu operasi atau percobaan, mengajukan konjektur atau dugaan saat meneliti pola dan menguji konjektur menggunakan bukti formal.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika > Bangun Datar Pendidikan > Gaya Belajar Matematika Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Matematika > Masalah Matermatika Pendidikan Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 1 Bismillah |
Date Deposited: | 21 Sep 2023 07:25 |
Last Modified: | 21 Sep 2023 07:25 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40007 |
Actions (login required)
View Item |