YEVI MUFATIROTIL MUNAWAROH, 12212193096 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS GUIDED INQUIRY BERBANTUAN FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI HIDROLISIS GARAM SISWA KELAS XI SMA/MA. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (727kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (180kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (101kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (161kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (333kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (138kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Berbasis Guided Inquiry Berbantuan Flip Pdf Professional Pada Materi Hidrolisis Garam Siswa Kelas XI SMA/MA” ini ditulis oleh Yevi Mufatirotil Munawaroh, NIM. 12212193096, pembimbing Ifah Silfianah, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul, Guided Inquiry, Flip Pdf Professional, Hidrolisis Garam. Penggunaan bahan ajar kimia khususnya materi hidrolisis garam masih terbatas pada bahan ajar cetak, seperti buku paket dan LKS yang cenderung monoton dan kurang menarik. Selain itu, guru juga belum memanfaatkan teknologi dalam proses pembelajaran kimia secara maksimal, seperti mengembangkan bahan ajar kimia sendiri sesuai dengan kebutuhan siswa. Saat ini siswa dituntut dapat menemukan konsep sendiri dan mengembangkan pemahaman terhadap suatu masalah. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran guided inquiry. Model pembelajaran ini dapat meningkatkan daya ingat siswa dalam mengingat materi khususnya kimia. Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang dapat membantu siswa belajar secara aktif dan mandiri yaitu menggunakan E-Modul berbasis guided inquiry berbantuan flip pdf professional. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan proses pengembangan E-Modul berbasis guided inquiry berbantuan flip pdf professional pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI SMA/MA, (2) Mendeskripsikan tingkat kelayakan pengembangan E-Modul berbasis guided inquiry berbantuan flip pdf professional pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI SMA/MA, (3) Mendeskripsikan respon siswa terhadap pengembangan E-Modul berbasis guided inquiry berbantuan flip pdf professional pada materi hidrolisis garam siswa kelas XI SMA/MA. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) model 4D dari S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Namun, penelitian ini hanya dibatasi hingga tahap develop dikarenakan estimasi waktu, biaya, dan penyesuaian dengan kebutuhan. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar validasi, dan angket respon siswa. Validasi dilakukan oleh 1 dosen kimia dan 1 guru kimia. Subjek penelitian adalah 30 siswa SMAN 1 Ngunut Tulungagung kelas XI MIPA. Teknik analisis data berupa analisis data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) E-Modul dikembangkan dengan tiga tahapan, yaitu define, design, dan develop dengan menggunakan aplikasi Microsoft Word, Google Form, CorelDraw, Capcut, QR & Barcode Scanner, dan Flip Pdf Professional. E-Modul disusun dengan model pembelajaran guided inquiry. (2) E-Modul yang dikembangkan dinyatakan sangat valid oleh validator ahli materi dan ahli media. (3) Sementara itu, kriteria angket respon siswa sangat baik. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media, serta respon siswa, E-Modul berbasis guided inquiry pada materi hidrolisis garam berbantuan flip pdf professional untuk siswa kelas XI SMA/MA ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar bagi siswa dalam proses pembelajaran kimia khususnya pada materi hidrolisis garam.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Kimia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia |
Depositing User: | 12212193096 Yevi Mufatirotil Munawaroh |
Date Deposited: | 12 Sep 2023 07:14 |
Last Modified: | 12 Sep 2023 07:14 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40037 |
Actions (login required)
View Item |