STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI SPIRITUAL DAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MI Al-Ishlahiyah Gaung Asam dan MI Fajar Islam Kemang Sumatera Selatan)

NUR ADILAH, 12850521023 (2023) STRATEGI PEMBELAJARAN NILAI-NILAI SPIRITUAL DAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK (Studi Multi Situs di MI Al-Ishlahiyah Gaung Asam dan MI Fajar Islam Kemang Sumatera Selatan). [ Thesis ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (511kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Tesis dengan Judul “Strategi Pembelajaran Nilai-Nilai Spiritual Dan Sosial dalam Membentuk Akhlakul Karimah Peserta Didik di MI Al-Ishlahiyah Gaung Asam dan MI Fajar Islam Kemang Sumatera Selatan” ini ditulis oleh Nur Adilah dengan dibimbing: Prof. Dr. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd dan Dr. Muhammad Zaini, M.A. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Nilai Spiritual dan Sosial, Akhlakul Karimah Fenomena yang terjadi dilingkungan MI Al-Ishlahiyah Gaung Asam dan MI Fajar Islam Kemang Sumatera Selatan, terkait strategi pembelajaran yang diimplementasikan guru dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik. Peneliti menemukan bermacam-macam strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru MI Al-Ishlahiyah Gaung Asam dan MI Fajar Islam Kemang Sumatera Selatan yang dapat membentuk akhlakul karimah peserta didik. Guru menggunakan strategi pembelajaran yang berbeda pada mata pelajaran tertentu. Strategi harus dilakukan guru dalam kegiatan pembelajaran membentuk akhlakul karimah peserta didik yang berpengaruh pada pribadi peserta didik kedepannya. Fokus penelitian pada penulisan tesis ini adalah: 1) Pendekatan pembelajaran nilai-nilai spiritual dan sosial dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MI Al-Ishlahiyah Gaung Asam dan MI Fajar Islam Kemang Sumatera Selatan. 2) Metode pembelajaran nilai-nilai spiritual dan sosial dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MI Al-Ishlahiyah Gaung Asam dan MI Fajar Islam Kemang Sumatera Selatan. 3) Teknik pembelajaran nilai-nilai spiritual dan sosial dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MI AlIshlahiya Gaung Asam dan MI Fajar Islam Kemang Sumatera Selatan. 4) Evaluasi pembelajaran nilai-nilai spiritual dan sosial dalam membentuk akhlakul karimah peserta didik di MI Al-Ishlahiyah Gaung Asam dan MI Fajar Islam Kemang Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan studi multisitus. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi: 1). Wawancara, 2). Observasi, 3). Dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut dianalisis dengan reduksi data (data reduction), sajian data (data display), serta verifikasi dan simpulan data (conclusion drawing and verification). Data yang telah diperoleh diuji dengan menggunakan metode triangulasi dan ketekunan pengamatan dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Pendekatan pembelajaran melalui: a) Pendekatan pembiasaan sholat dhuha berjama’ah dimushola, kerja bakti di hari jum’at, mengucapkan salam setiap kali masuk kelas. b) Pendekatan keteladanan seperti, disiplin, sopan, berpakaian rapi, upacara pagi, membuang sampah pada tempatnya. c) Pendekatan kelompok belajar untuk menghargai pendapat teman, kerjasama melalui kegiatan pramuka tali temali secara kelompok, kegiatan muhadhoroh. d) Pendekatan individu seperti, guru akan menegur peserta didik yang tidak memakai atribut lengkap ketika upacara secara satu-persatu, membina satupersatu peserta didik yang belum bisa menghafal surat-surat pendek yang telah ditugaskan oleh guru. 2) Metode pembelajaran melalui: a) Metode tanya jawab

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Pascasarjana > Thesis > PGMI
Depositing User: S2 12850521023 NURR ADILAH
Date Deposited: 16 Nov 2023 08:01
Last Modified: 11 Dec 2023 07:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40065

Actions (login required)

View Item View Item