Kumaidah, Anik (2014) Peningkatan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran KooperatifTipe Jigsaw pada Materi Logika Matematika Kelas X-B MAN Kunir Wonodadi Blitar. [ Skripsi ]
|
Text
BAB I-V ''ANIK_KUMAIDAH''.pdf Download (546kB) | Preview |
|
|
Text
COVER''ANIK_KUMAIDAH''.pdf Download (217kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci:Keaktifan, Prestasi, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Penelitian ini dilatarbelakangi oleh realitas, dimana masih ada beberapa guru yang menggunakan pendekatan konvensional atau tradisional dalam menjalankan proses belajar mengajar, dan pendekatan seperti ini dirasa belum mampu menggali potensi terbesar anak didik, kreatifitas dan keaktifan anak tidak berkembang, sehingga siswa menjadi jenuh dan bosan. Dalam hal ini peneliti akan meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar matematika memalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada kelas X-B MAN Kunir Wonodadi Blitar. Adapunrumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada materi logika matematika kelas X-B MAN Kunir WonodadiBlitar? (2) Bagaimana peningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas X-B MAN Kunir WonodadiBlitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah(1) Mendeskripsikanpenerapan model pembelajaran kooperatiftipe jigsawpada materi logika matematika kelas X-B MAN Kunir WonodadiBlitar. (2) Untuk mengetahuipeningkatan keaktifan dan prestasi belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatiftipe jigsawpada materi logika matematika kelas X-B MAN Kunir WonodadiBlitar. Skripsi ini bermanfaat bagi siswauntuk meningkatkan keaktifan belajar matematika, sehingga siswa mampu memperolehprestasi yang lebih baik dalam pembelajaran matematika, bagi guru sebagai alternatif model pembelajaran matematika untuk meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa terhadap pembelajaran matematika. Jika hasil penelitian dirasakan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan para guru agar dapat menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw sebagai usaha meningkatkan prestasi dan keaktifan belajar siswa, dan bagi sekolah sebagai masukan untuk pembelajaran yang ada sehingga membantu meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini menggunakan metode tes, observasi, catatan lapangan, wawancara, dan Angket.Tes digunakan untuk mengetahui sejauh mana tingkat penguasaan siswa terhadap materi, observasi dilakukan untuk mengamati kegiatan dikelas selama pembelajaran berlangsung, hasil catatan lapangan digunakan untuk mengetahui sejauh mana aktifitas peneliti dan siswa yang tidak terdapat dalam indikator keberhasilan pembelajaran, wawancara dan angket digunakan untuk mengetahui pengetahuan siswa dan untuk mengetahui interaksi antar guru dan siswa selama pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. xvii Adapun proses pembelajarannya dilakukan beberapa tahap. Masing-masing tahap terdiri dari kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa secara fisik dan mental untuk menghadapi kegiatan inti dengan mengingat kembali materi prasyarat.Kegiatan inti dimaksudkan untuk membantu siswa memahami materi logika matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.Kegiatan akhir dimaksudkan untuk mengetahui pemahaman siswa tentang materi dengan memberikan soalsoal tes kepada masing-masing siswa sehingga dapat diketahui prestasi belajarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.Hal ini dapat dilihat dari persentase peningkatan keaktifan siswa yaitu dari siklus Isebesar 71,67% dan pada siklus II meningkat sebesar 95%. Adapun peningkatan prestasi belajar matematika dapat dilihat dari meningkatnya nilai siswa mulai dari tes awal pra tindakan dengan ketuntasan siswa 20 % dan setelah adanya pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawketuntasan siswa mencapai70 % untuk post test siklus I dan 85 % untuk post test siklus II, sehingga sesuai dengan pembahasan analisis data yang diperoleh dapat diambil kesimpulan bahwa keaktifan dan prestasi belajar matematika pada materi logika matematika kelas XB MAN Kunir Wonodadi Blitardapat meningkat dengan diterapkannya pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw. xviii
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Endang Rifngati S.Sos |
Date Deposited: | 09 Dec 2014 02:28 |
Last Modified: | 09 Dec 2014 02:28 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/401 |
Actions (login required)
View Item |