MANAJEMEN PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTsDARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

PRADIKA AYU ANGGRAINI, 12207193058 (2023) MANAJEMEN PROGRAM BOARDING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI MTsDARUL FALAH SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (147kB) | Preview
[img] Text
BAB II .pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Manajemen Boarding School dalam Meningkatkan Karakter Religius Siswa MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Pradika Ayu Anggraini, NIM. 12201793058, Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Manajemen, Boarding School, Karakter Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pendidikan yang saat ini tidak sepenuhnya dapat memenuhi harapan masyarakat. Fenomena itu ditandai dari kondisi moral atau akhlak generasi muda yang rusak. Di lembaga pendidikan sendiri tidak jarang terjadi berbagai problem pendidikan di mana terdapat peserta didik yang melanggar peraturan sekolah, rendahnya sopan santun, pergaulan bebas. Itu semua timbul salah satunya karena hilangnya karakter religius yang menjadi penyebab proses pendidikan tidak akan berjalan secara maksimal. Sekolah dengan sistem boarding school hadir untuk menjawab keresahan masyarakat. Boarding school menyediakan lingkungan yang unik untuk mengembangkan karakter religius karena siswa tinggal dan belajar di lingkungan sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen program boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dengan fokus penelitian: 1) Bagaimana perencanaan program boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung?, 2) Bagaimana pelaksanaan program boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung?, 3) Bagaimana evaluasi program boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi yang diperoleh dari sumber data diantaranya pengasuh pondok pesantren, pengurus pondok, kepala madrasah, waka kurikulum, dan waka kesiswaan. Teknik analisis data terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut: 1) Perencanaan program boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung dengan menganalisis kebutuhan, menentukan visi misi dan tujuan, menyusun kurikulum, menyediakan sarana dan prasarana, penentuan kegiatan-kegiatan yang dapat mendukung program boarding school. 2) Pelaksanaan program boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung mengadakan kegiatan pembiasaan diantaranya: pembiasaan shalat 5 waktu berjama‟ah dan rotibul hadad, shalat tahajud berjama‟ah, shalat dhuha berjama‟ah, membaca yasin dan tahlil, sorogan Al-Qur‟an, pembelajaran kitab kuning, MMQ (Majelis Murrotil Qur‟an), Tahfidzul Qur‟an. 3) Evaluasi program boarding school dalam meningkatkan karakter religius siswa di MTs Darul Falah Sumbergempol Tulungagung diantaranya: evaluasi pembiasaan melalui pengawasan bapak/ibu guru, evaluasi program ada evaluasi setiap minggu, bulan, dan tahun.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: S1 12207193058 PRADIKA AYU ANGGRAINI
Date Deposited: 13 Sep 2023 08:35
Last Modified: 13 Sep 2023 08:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40156

Actions (login required)

View Item View Item