Mega Dwi Susanti, 175504020 (2016) PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER PESERTA DIDIK (Studi Multisitus di MI Nurul Islam Mirigambar dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
MOTTO.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI - literasi.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (18MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Rujukan.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Nama: Mega Dwi Susanti, NIM. 175544020, “Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik (Studi Multisitus di MI Nurul Islam Mirigambar dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung)”, Tesis 2016, Program Pascasarjana, Program Studi Ilmu Pendidikan Dasar Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dr. Chusnul Chotimah, M.Ag dan Dr. Nur Efendi, M.Ag Kata Kunci: Sumber Belajar, Pusat Sumber Belajar, Pendidikan Karakter Pendidikan di tingkat dasar yang membentuk dan membimbing peserta didik untuk membangun karakter diri melalui berbagai sumber belajar. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang ada di sekitar lingkungan kegiatan belajar yang secara fungsional dapat digunakan untuk membantu optimalisasi hasil belajar. Optimali hasil belajar ini dapat dilihat tidak hanya dari hasil belajar (output) namun juga dilihat dari proses berupa interaksi siswa dengan berbagai macam sumber yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dan mempercepat pemahaman dan penguasaan bidang ilmu yang dipelajarinya. Pemanfaatan sumber belajar bisa dijadikan salah satu alternatif dalam pengembangan karakter peserta didik. Ada beberapa pemanfaatan sumber belajar yang diterapkan di MI Nurul Islam Mirigambar dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung. Fokus penelitian dalam penulisan tesis ini adalah (1) Bagaimana cara memilih macam pemanfaatan sumber belajar dalam pengembangan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol? (2) Bagaimana proses pemanfaatan sumber belajar dalam pengembangan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol? (3) Bagaimana hasil pemanfaatan sumber belajar dalam pengembangan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol? Adapun tujuan penelitiannya adalah untuk menjelaskan dan mendiskripsikan (1) Untuk mengetahui cara memilih pemanfaatan sumber belajar dalam pengembangan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol, (2) Untuk mengetahui proses pemanfaatan sumber belajar dalam pengembangan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol, (3) Untuk mengetahui hasil pemanfaatan sumber belajar dalam pengembangan karakter peserta didik di MI Nurul Islam Mirigambar dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis multisitus, lokasinya MI Nurul Islam Mirigambar dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Tulungagung, sumber datanya informan, peristiwa, lokasi dan dokumen, datanya primer dan sekunder, teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dengan analisis data situs individu dan analisis data lintas situs, sedangkan pengecekan keabsahan datanya dengan menggunakan kreadibilitas, dependenbilitas, transferabilitas, dan konfirmabilitas. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa: (1) Cara memilih sumber belajar dalam pengembangan karakter peserta didik di MI Nurul Islam dan MI Hidayatul Mubtadiin Wates Sumbergempol Tulungagung sangat komprehensif yaitu dengan menyesuaikan karakter peserta didik yang meliputi penyesuaian karakter peserta didik, pembiasaan, dan lingkungan sekitar. (2) Proses pemanfaatan sumber belajar dalam pengembangan karakter peserta didik di MI Nurul Islam sudah terintegrasi dalam peraturan sekolah. Tahapan selanjutnya disosialisasikan terlebih dahulu, kemudian dibentuknya tim penggerak kegiatan dan yang terakhir melaksanakan jadwal kegiatan dengan tertib dan sedangkan di MI Hidayatul Mubtadiin Wates melalui pembiasaan yang terdiri dari beberapa jenis yaitu bersifat pengkondisian, rutinitas, spontanitas dan keteladanan. (3) Hasil pemanfaatan sumber belajar dalam pengembangan karakter peserta didik di MI Nurul Islam terdiri dari karakter religius, disiplin, peduli lingkungan, tanggung jawab, mandiri, gemar membaca, kreatif dan di MI Hidayatul Mubtadiin meliputi karakter religius, disiplin, tanggung jawab, bersahabat dan komunikatif, mandiri, dan jujur.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Ilmu Pendidikan Dasar Islam |
Depositing User: | 175504020 MEGA DWI SUSANTI |
Date Deposited: | 01 Nov 2016 03:46 |
Last Modified: | 01 Nov 2016 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4017 |
Actions (login required)
View Item |