PERAN GURU DALAM MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PENGENALAN BENTUK GEOMETRI DI RA AL-HIKMAH DOROAMPEL TULUNGAGUNG

DEVI LUTVIA MINDHAYANTI, 12206193078 (2023) PERAN GURU DALAM MENGGUNAKAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF PENGENALAN BENTUK GEOMETRI DI RA AL-HIKMAH DOROAMPEL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (353kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (660kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (620kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Guru dalam Menggunakan Alat Permainan Edukatif Pengenalan Bentuk Geometri di RA AL-Hikmah Doroampel Tulungagung” yang ditulis oleh Devi Lutvia Mindhayanti, NIM: 12206193078, Yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si Kata Kunci: Peran Guru, Alat Permainan Edukatif, Pengenalan Bentuk Geometri Penelitian ini didasarkan pada gambaran RA AL-Hikmah Doroampel Tulungagung merupakan salah satu RA yang menggunakan alat permainan edukatif pengenalan bentuk geometri dengan baik. Namun ada beberapa faktor, diantaranya media pembelajaran terbatas, pembelajaran menitik beratkan membaca dan berhitung, sehingga membuat anak kurang tertarik pada pembelajarannya. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru dalam menggunakan alat permainan edukatif pengenalan bentuk geometri di RA Al-Hikmah Doroampel Tulungagung? 2) Bagaimana kendala guru dalam menggunakan alat permainan edukatif pengenalan bentuk geometri di RA Al-Hikmah Doroampel Tulungagung? 3) Bagaimana solusi dalam mengatasi hambatan guru dalam menggunakan alat permainan edukatif pengenalan geometri di RA Al-Hikmah Doroampel Tulungagung. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peran guru dalam menggunakan alat permainan edukatif pengenalan bentuk geometri di RA AL-Hikmah Doroampel Tulungagung, mendeskripsikan kendala guru dalam menggunakan alat permainan edukatif pengenalan bentuk geometri di RA AL-Hikmah DoroampelTulungagung, mendeskripsikan solusi guru dalam menggunakan alat permainan edukatif pengenalan bentuk geometri di RA AL-Hikmah DoroampelTulungagung. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis datanya adalah 1) reduksi data, 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah 1) Peran guru dalam menggunakan alat permainan edukatif bentuk geometri di RA AL-Hikmah Doroampel Tulungagung dilakukan dengan: a) Guru sebagai informator dengan memberikan informasi kegiatan yang dilakukan, b) Guru sebagai pembimbing dengan memberikan bimbingan kepada anak tentang geometri,c) Guru sebagai mediatordengan memperkenalkan permainan geometri,d) Guru sebagai evaluator dengan memberikan evaluasi. 2) Kendala guru dalam menggunakan alat permainan edukatif bentuk geometri di RA AL-Hikmah Doroampeldilakukan dengan:a) Kendala guru sebagai informator yaitu sulit menata bahasa dan lingkungan kurang mendukung, b) Kendala guru sebagai pembimbing yaitu anak tidak fokus karena tidak memegang alat permainan edukatif, c) Kendala guru sebagai mediator yaitu guru hanya fokus dengan satu kelompok, d) Kendala guru sebagai evaluatoryaitu guru belum mampu melaksanakan evaluasi setiap hari. 3) Solusi guru dalam menggunakan alat permainan edukatif pengenalan bentuk geometri di RA AL-Hikmah Doroampel dengan: a) Solusi guru sebagai informator yaitu memberikan 2 bahasa (bahasa indonesia dan bahasa jawa) dan guru melakukan ice breaking, b) Solusiguru sebagai pembimbing yaitu memberikan nyanyian agar anak fokus,c) Solusi guru sebagai mediator yaitu dengan guru tidak hanya fokus dengan satu kelompok tetapi dengan kelompok lainnya, d) Solusi guru sebagai evaluator yaitu memenejemen waktu secara maksimal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206193078 Devi Lutvia Mindhayanti
Date Deposited: 14 Sep 2023 05:51
Last Modified: 14 Sep 2023 05:51
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40179

Actions (login required)

View Item View Item