ZUNI MARDIANA, 12201173034 (2023) PERAN GURU AQIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK PERILAKU SANTUN SISWA KELAS 8 MTsN 6 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (536kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (221kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (200kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (265kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (48kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Perilaku Sopan Santun Siswa Kelas 8 MTsN 6 Tulungagung” ini ditulis oleh Zuni Mardiana, NIM. 12201173034, Pembimbing Musrikah, S.Pd.I.,M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru, Akidah Akhklak, Sopan Santun Fenomena krisis moral yang terjadi saat ini merupakan masalah yang serius dan perlu dituntaskan. Maka dari itu diperlukan pendidikan karakter di sekolah agar para remaja terbentuk prilakunya sehingga tidak terjadi penyimbangan di sekolah ataupun masyarakat. Salah satu sikap yang perlahan hilang adalah sikap sopan santun. Tujuan penelitian ini adalah, (1) Untuk Memaparkan Peran Guru Aqidah Akhlak sebagai Fasilitator dalam membentuk perilaku Sopan Santun Siswa Kelas 8 di MTsN 6 Tulungagung, (2) Untuk Memaparkan Peran guru Aqidah Akhlak sebagai motivator dalam membentuk perilaku Sopan Santum Siswa Kelas 8 di MTsN 6 Tulungagung, (3) Untuk Memaparkan faktor pendukung dan penghambat guru Aqidah Akhlak dalam membentuk perilaku sikap Sopan Santun siswa kelas 8 di MTsN 6 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studikasus. Adapun subjeknya adalah wakil kepala sekolah bagian kurikulum, guru akidah akhlak, siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, dokumentasi, dan Observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Peran Guru akidah akhlak sebagai fasilitator dalam membina akhlak sopan santun peserta didik di MTsN 6 Tulungagung diwujudkan dengan Membiasakan mengucapkan salam dan berjabat tangan, Membiasakan sopan santun, menyediakan suasana kelas yang mendukung pembelajaran sehingga siswa nyaman dan menyerap pembelajaran yang ada, mengadapakan ceramah atau tausiah, dan memberikan contoh prilaku sopan yang baik. (2) Peran Guru akidah akhlak sebagai motivator dalam membina akhlaksopan santun peserta didik di MTsN 6 Tulungagung sudah diterapkan dengan baik yaitu dengan mengarahkan siswa bagaimana cara berhubungan dengan tuhan melaui beribadah dengan cara sholat berjamaah, Memberikan pemahaman dan kesadaran untuk menerapkan akhlak dalam kehidupan sehari-hari serta menjadikan diri sebagai suri tauladan yang baik, Melalui ceramah agar bisa mendorong dan merangsang peserta didik untuk memiliki akhlak baik, Serta menerapkan reward dan punishment di setiap kegiatan pembelajaran, dan (3) Faktor pendukung guru Aqidah Akhlak dalam membentuk perilaku sikap Sopan Santun siswa adalah hubungan Orang tua dengan sekolah yang terjalin baik. Sedangkan faktor penghambat guru Aqidah Akhlak dalam membentuk perilaku sikap Sopan Santun siswa adalah 1) Faktor keluarga: kurang interaksi antara anak dan orang tua, 2) Faktor teman/pergaulan, dan 3) Faktor media massa
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201173034 ZUNI MARDIANA |
Date Deposited: | 03 Oct 2023 03:48 |
Last Modified: | 03 Oct 2023 03:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40253 |
Actions (login required)
View Item |