LAVIANA AUNIL MALIK, 12209193064 (2023) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN IPS GUNA UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII di MTs MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (668kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (161kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (560kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (737kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (668kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (45kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (98kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penggunaan Video Animasi Dalam Pembelajaran Ips Guna Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas Viii Di Mts Miftahul Huda Ngunut Tulungagung” ini ditulis Oleh Laviana Aunil Malik, NIM. 12209193064,Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial (TIPS). Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung (UIN SATU), yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M. Pd.I Kata Kunci: Video Animasi, Minat Belajar, IPS Kegiatan belajar-mengajar pada dasarnya ialah sebuah proses komunikasi yang dilakukan antara guru dan siswa, yang dimana keduanya akan saling bertukar pikiran. Guru dan siswa memiliki peranannya masing-masing yang dapat dikatakan sama-sama penting dalam proses terjadinya kegiatan belajar mengajar. Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya anggapan dari kebanyakan siswa bahwa Pembelajaran IPS dianggap sebagai salah satu pelajaran yang cukup membosankan bagi kebanyakan siswa, entah itu karena kurang menariknya sebuah materi atau karena kurangnya inovasi dari seorang guru untuk menghasilkan metode baru yang lebih menggugah selera siswa untuk belajar IPS. Karena kebanyakan guru menggunakan metode konvensial yaitu metode ceramah. Penelitian ini secara garis besarnya, bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa, dan untuk mendalami hal tersebut lebih dalam lagi, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana minat belajar IPS siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung, 2) Bagaimana langkah-langkah penggunaan media video animasi dalam pembelajaran IPS guna untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung, 3) Bagaimana bentuk implikasi dari penerapan media video animasi dalam pembelajaran IPS guna untuk meningkatkan minat belajar isiswa kelas VIII di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Tujuan dari penelitian sesuai dengan fiokus penelitian diantaranya, 1) Menganalisis minat belajar IPS siswa kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. 2) Menganalisis langkah-langkah penggunaan media video animasi dalam pembelajaran IPS guna untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas VIII MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. 3) Menganalisis bentuk implikasi dari penerapan media video animasi dalam pembelajaran IPS di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yang pengumpulan datanya menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam, dan juga dokumentasi. Lokasi penelitian ini di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Sedangkan teknik analisisnya menggunakan pola yang dicetuskan oleh Milles dan Hubberman diantaranya yaitu: reduksi data, penyajian data, dan terakhir verivikasi atau kesimpulan data. Dalam praktek yang digunakan ialah penggunaan video animasi dalam pembelajaran IPS kelas VIII ini dengan Hasil dari penelitian sebagai berikut, 1) Minat belajar siswa dalam pembelajaran IPS Dipengaruhi oleh suasana kelas dan media pembelajaran yang digunakan,. 2)Penggunaan media pembelajaran sangat diperlukan dalam setiap pembelajaran, , karena dengan media siswa akan lebih tertarik dan lebih mudah memahami materi yang sedang disampaikan oleh guru 3) Penggunaan video animasi dalam pembelajaran IPS mampu meningkatkan minat belajar siswa, 4) Sebagai seorang guru harus kreatif dan inovatif. 5) Penggunaan video animasi mampu mengatasi keterbatasan indera, ruang dan waktu. 6) Media video animasi dapat memotivasi siswa untuk meningkatkan minat belajar siswa, karena media pembelajaran video animasi merupakan perpaduan dari audio dan visual yang melibatkan dua panca indra anak yaitu mata dan telinga sehingga anak bisa melihat. 7) Perhatian guru terhadap siswa dengan kemampuan berbeda baik itu lebih maupun kurang tentunya berbeda, agar semua anak didiknya mampu setara dan menyelesaikan pembelajaran dengan baik menurut standart RPP.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Minat Belajar Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193064 LAVIANA AUNIL MALIK |
Date Deposited: | 18 Sep 2023 03:37 |
Last Modified: | 18 Sep 2023 03:37 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40267 |
Actions (login required)
View Item |