FAHDINA HIKMATAL HUSNA, 12201183034 (2023) STRATEGI USTADZ PENDAMPING TAHFIDZ DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI MENGHAFAL AL-QUR’AN MELALUI METODE SOROGAN (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung). [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (450kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (274kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (138kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (356kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (466kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (207kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (523kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (224kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Ustadz Pendamping Tahfidz dalam Meningkatkan Motivasi Menghafal Al-Qur’an Melalui Metode Sorogan (Studi Kasus di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Fahdina Hikmatal Husna, NIM 12201183034. Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah, yang dibimbing oleh Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Kata Kunci: Strategi, motivasi, menghafal al-Qur’an, metode sorogan Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang sering tejadi pada setiap penghafal al-Qur’an yaitu rendahnya motivasi yang dimiliki para pengahafal al Qur’an. Mengingat menghafal al-Qur’an bukanlah suatu kegiatan yang dapat dilakukan dengan waktu singkat, maka menjaga motivasi pada diri penghafal dinilai sangat penting. Fenomena rendahnya motivasi ini salah satunya disebabkan oleh rendahnya rasa tanggung jawab penghafal kepada apa yang menjadi tanggung jawabnya. Hal ini menyebabkan para penghafal menjadi kurang semangat dan lebih parahnya sampai menunda waktu yang seharusnya digunakan untuk menambah atau mengulangi hafalan yang dimiliki. Maka dalam ini ustadz pendamping perlu memperhatikan penggunaan strategi yang dapat mendukung serta meningkatkan motivasi. Untuk mengetahui hal tersebut, peneliti merumuskan fokus peneltian sebagai berikut: 1) Bagaimana perencanaan strategi peningkatan motivasi menghafal al-Qur’an melalui metode sorogan bagi peserta didik di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan program tahfidz metode sorogan di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi program tahfidz di SMP Islam Al-Azhaar Kedungwaru Tulungagung sebagai strategi guru pendamping tahfidz dalam meningkatkan motivasi menghafal al-Qur’an pada peserta didik? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui startegi ustadz pendamping tahfidz alQur’an beserta penerapannya pada kegiatan pembelajaran tahfidz al -Qur’an dalam meningkatkan motivasi peserta didik dan mengetahui apa saja evaluasi yang digunakan. Dimana dalam konteks ini evaluasi tersebut sebagai alat ukur efektifitas strategi yang digunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun teknik pengumpulan datanya yaitu melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Dalam penelitian ini juga dilakukan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi meliputi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Perencanaan strategi dalam meningkatkan motivasi menghafal al-Qur’an peserta didik meliputi tiga aspek yaitu perencanaan tehadap ustadz pendamping, perencanaan terhadap peserta didik, dan perencanaan metode yang akan digunakan. 2) Pelaksanaan tahfidz al-Qur’an dilakukan dengan mengelompokkan siswa dalam beberapa halaqoh dan setiap halaqoh didamping satu ustadz atau ustadzah, yang dimulai dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Penerapan metode sorogan pada pembelajaran tahfidz al-Qur’an dilaksanakan pada kegiatan inti. 4) Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran tahfidz al-Qur’an di SMP Islam Al-Azhaar ada dua macam yakni evaluasi bagi siswa seperti ujian tashih, tasmi’ dan evaluasi terhadap program dengan rutin melaksanakan musyawarah bersama ustadz pendamping.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama > Al Quran Pendidikan > Motivasi Belajar Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | S1 12201183034 FAHDINA HIKMATAL HUSNA |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 02:49 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40325 |
Actions (login required)
View Item |