M. CHOLID SYAIFULLOH HASAN, 12209183089 (2022) PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MA AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KOTA KEDIRI. [ Skripsi ]
This is the latest version of this item.
|
Text
COVER.pdf Download (529kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (257kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (141kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (53kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (123kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi bagaimana penerapan pendidikan multikultual di MA Al-Mahrusiyah, dampak dari penerapan pendidikan multikultural, dan apa saja faktor pendukung serta faktor penghambat yang mempengaruhi penerapan pendidikan multikultural. Oleh karena itu, maka diperlukan adanya observasi untuk mengetahui data lebih lanjut. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui proses penerapan pendidikan multikultural (2) untuk mengetahui dampak dari penerapan pendidikan multikultural (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat proses penerapan pendidikan multikultural. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini berada di MA Al-Mahrusiyah Lirboyo Kota Kediri. Sasaran penelitian ini berfokus pada kelas XII IIS 1. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Proses penerapan pendidikan multikultural di MA Al-Mahrusiyah sudah berjalan dengan lancar, baik dari peserta didik maupun tenaga pendidik mampu berargumen yang mengarah pada kesuksesan belajar siswa. Ketika dibawakan oleh guru yang mempunyai sifat jenaka dan bahasa yang digunakan guru mudah dipahami oleh siswa, para siswa dapat menerima dan memahami sebagian besar konteks yang disampaikan oleh guru di dalam kelas. Ketika guru menjelaskan suatu materi pasti dicontohkan dengan hal yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari yang membuat para siswa mudah mengerti dan mampu mengiplementasikan pada diri mereka sendiri. (2) Program pendidikan multikultural tidak diarahkan untuk membentuk tenaga ahli dalam bidang pendidikan multikultur, tetapi membidik siswa untuk menjadi warga negara yang inklusif, pluralis, menghargai HAM dan keadilan, demokratis tanpa harus mengorbankan pembinaan sikap dan perilaku keberagamannya. (3) Faktor pendukung meliputi a). kultur sekolah yang plural b). kegiatan dan program sekolah yang mendukung c). peserta didik yang memiliki background berbeda. Faktor penghambat meliputi (a) Waktu (b) Penerapan pendidikan multikultural hanya sebatas pengamatan (c) Belum ada instrument penilaian aspek afektif untuk mengukur sikap multikultural siswa. (d) Mempunyai jadwal dan kegiatan yang padat (e) Kurangnya fasilitas yang mendukung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Kesulitan Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial > Sejarah Ilmu Pengetahuan Sosial > Sosiologi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | Mahasiswa 12209183089 M. CHOLID SYAIFULLOH HASAN |
Date Deposited: | 19 Sep 2023 07:48 |
Last Modified: | 19 Sep 2023 07:48 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40346 |
Available Versions of this Item
-
PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MA AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KOTA KEDIRI. (deposited UNSPECIFIED)
- PENERAPAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI MA AL-MAHRUSIYAH LIRBOYO KOTA KEDIRI. (deposited 19 Sep 2023 07:48) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |