SEPTI AYUNINGSIH, 2817123146 (2016) PENERAPAN METODE DRILL DAN MEDIA GAMBAR SERI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS CERITA PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS III MI THORIQUL HUDA KROMASAN NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (466kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (478kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (96kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Drill dan Media Gambar Seri untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerita pada Pelajaran Bahasa Indonesia Peserta Didik Kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Septi Ayuningsih, NIM. 2817123146, Jurusan Falkutas Tarbiyan dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Moh.Arif, M.Pd. Kata kunci : Metode Drill Media Gambar Seri, Kemampuan Menulis Cerita, Bahasa Indonesia. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta didik terhadap kegiatan menulis sebuah cerita dalam pelajaran Bahasa Indonesia yang menjadikan penghambat untuk mencapai keberhasilan peserta didik dalam pelajaran tersebut. Kenyataan sekarang ini, masih ada sebagian besar peserta didik yang menganggap bahwa pelajaran menulis cerita sangat membosankan dan membutuhkan pemahaman yang tinggi apabila penyajiannya kurang menarik dan tidak bervariasi. Hal ini erat kaitannya dengan cara yang diterapkan guru dalam menyampaikan materi, menggunakan metode serta media yang cocok untuk peserta didik. Salah satu metode dan media yang ditawarkan peneliti adalah menggunakan metode drill dan media gambar seri, alasannya yaitu agar metode drill ini dapat membuat peserta didik berlatih dalam menulis cerita dan media gambar tersebut dapat menuntun urutan kejadian atau kronologi cerita, sehingga peserta didik dapat terusik imajinasinya untuk menuangkan idenya dalam tulisan sesuai dengan gambar. Berdasarkan hal tersebut diharapkan peserta didik mencapai tujuan pembelajaran sesuai yang diharapkan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana peningkatan kemampuan menulis cerita dengan metode drill dan media gambar seri pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? (2) Apakah setelah diterapkan metode drill dan media gambar seri kemampuan menulis cerita dengan tema kegiatan sehari-hari di kelas III Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mendiskripsikan penggunaan metode drill dan media gambar seri dalam pelajaran Bahasa Indonesia dengan tema kegiatan sehari-hari peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. (2) Untuk mendiskripsikan penggunaan metode drill dan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan peserta didik menulis cerita pada pelajaran bahasa Indonesia dengan tema kegiatan sehari-hari peserta didik kelas III Madrasah Ibtidaiyah Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Kabupaten Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research) yang didesain dengan menggunakan model siklus Kemmis & Mc. Taggart. Dimana dalam pelaksanaan tindakan PTK ini terdiri dari 4 tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi, dengan tujuan untuk membandingkan nilai sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Pengumpulan data dilakukan melalui tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menggunakan metode drill dan media gambar seri pada pelajaran Bahasa Indonesia, akhirnya dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media gambar seri dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik lebih mudah memahami materi, dan dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita peserta didik kelas III MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Hal ini dibuktikan dari respon peserta didik yang sangat antusias dalam proses belajar mengajar yang dapat dilihat dari hasil observasi pada siklus I pengamatan aktivitas peserta didik 82%, masuk dalam kategori baik, pada siklus II 91,11% masuk dalam kategori sangat baik. Demikian halnya dengan hasil observasi peneliti pada siklus I 84% yang masuk dalam kategori baik dan pada siklus II 94% yang masuk dalam kategori sangat baik. Begitu juga dengan hasil evaluasi untuk siklus I yaitu 68,96 untuk siklus II yaitu 79,58, dari hasil evaluasi tersebut dapat diketahui bahwa ada peningkatan yang signitifikan pada rata-rata hasil belajar peserta didik dari siklus I ke siklus II yaitu sebesar 10,62. Sedangkan ketuntasan belajar peserta didik siklus I 58,25% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88,88% yang masuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan data tersebut terlihat bahwa penggunaan media gambar seri dapat meningkatkan kemampuan menulis cerita peserta didik kelas III pada pelajaran Bahasa Indonesia MI Thoriqul Huda Kromasan Ngunut Kabupaten Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 2817123146 SEPTI AYUNINGSIH |
Date Deposited: | 05 Dec 2016 04:07 |
Last Modified: | 05 Dec 2016 04:07 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4039 |
Actions (login required)
View Item |