PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK SISWA KELAS XI MIPA

FAISYIYAH NUR ROFIQOH, 12212193016 (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) PADA MATERI HIDROLISIS GARAM UNTUK SISWA KELAS XI MIPA. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (449kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (154kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (734kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (399kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (254kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa Kelas XI MIPA” ini ditulis oleh Faisyiyah Nur Rofiqoh, NIM 12212193016, yang dibimbing oleh Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Kata Kunci: E-Modul Interaktif, Creative Problem Solving (CPS), Hidrolisis Garam Konsep materi hidrolisis garam yang bersifat abstrak sehingga sulit dipahami oleh peserta didik, kurang optimalnya pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, belum adanya bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri serta kurang adanya bahan ajar yang menunjang penyelesaian masalah secara kreatif. Peserta didik sulit memahami materi hidrolisis garam. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar untuk membantu peserta didik menguasai materi yang tentunya sudah disesuaikan dengan kebutuhan guru dan siswa. Sehingga peneliti mengembangkan E-Modul Interaktif berbasis creative problem solving pada mata pelajaran kimia materi hidrolisis garam. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan E-Modul interaktif berbasis creative problem solving (CPS) pada materi hidrolisis garam bagi siswa kelas XI MIPA (2) Mengetahui kelayakan E�Modul interaktif berbasis creative problem solving (CPS) pada materi hidrolisis garam bagi siswa kelas XI MIPA (3) Mengetahui respon siswa terhadap E-Modul interaktif berbasis creative problem solving (CPS) pada materi hidrolisis garam bagi siswa kelas XI MIPA. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4D dari Thiagarajan dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate. Namun, pada penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop karena keterbatasan waktu dan biaya penelitian. Subjek penelitian yakni peserta didik kelas XI MIPA 2 SMAN 3 Kota Kediri yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket analisis kebutuhan guru dan siswa, lembar validasi untuk uji kelayakan, serta angket untuk mengukur respon siswa. Validasi dilakukan oleh 1 dosen kimia dan 1 guru kimia. Analisis data yang dilakukan yaitu analisis deskriptif kualitatif dengan mengumpulkan masukan/saran dari validator serta analisis deskriptif kuantitatif mengumpulkan data dari hasil validasi dan respon siswa. Hasil penelitian ini (1) E-Modul interaktif berbasis creative problem solving pada materi hidrolisis garam memiliki komponen seperti Cover, halaman intro (kata pengantar, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, dan pendahuluan), peta konsep, halaman kegiatan pembelajaran 1, kegiatan pembelajaran 2, kegiatan pembelajaran 3, latihan soal, evaluasi diri, rangkuman, soal evaluasi, glosarium, dan daftar pustaka. E-Modul yang dikembangkan diupload melalui web flipHTML5. (2) Hasil validasi ahli media oleh validator dinyatakan sangat layak dengan diperoleh skor sebesar 0,983, serta hasil validasi ahli materi oleh validator dinyatakan layak dengan diperoleh skor sebesar 0,956. (3) Hasil analisis angket respon siswa memperoleh rata-rata persentase sebesar 81,80% dengan interpretasi xx baik. Berdasarkan hasil uji validasi ahli dan uji respon siswa, E-Modul interaktif ini dinyatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran peserta didik

Item Type: Skripsi
Subjects: Kimia > Hidrolisis
Kimia
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Atiqoh Lutfia Sari
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:03
Last Modified: 26 Sep 2023 06:03
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40448

Actions (login required)

View Item View Item