SEPTIA YUWAN ARINDA, 12206193076 (2023) PENGARUH MEDIA LOOSE PART UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (232kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (84kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (161kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (54kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
Abstract
Septia Yuwan Arinda, 12206193076, 2023 “Pengaruh Media Loose Part Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Pada Anak Usia 4-5 Tahun” di TK Tunas Sari Keplaksari Peterongan Jombang. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatulloh Tulungagung, Dosen Pembimbing : Zun Azizul Hakim, M.Psi Kata Kunci : Loose Part, Media, Mengenal Lambang Bilangan. Pentingnya pemahaman dalam mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun sebagai bekal untuk lanjut ke jenjang pendidikan berikutnya. Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk meneliti tentang pengaruh media loose part untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun di TK Tunas Sari Keplaksari Peterongan Jombang. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah : 1.) apakah ada pengaruh media loose part dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun? 2.) seberapa besar pengaruh media loose part dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media loose part dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 45 tahun. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal dan menggunakan desain A-B-A’. Subjek penelitian merupakan satu siswa kelas A TK Tunas Sari. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan antar kondisi. Hasil penelitian skripsi ini adalah menunjukkan bahwa media loose part dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun. yang ditunjukkan dengan bertambahnya jumlah frekuensi di setiap fasenya yakni pada fase baseline -1 (A) yaitu : A1= 4, A2= 3, A3= 3, sedangkan pada fase Intervensi (B) yaitu B1= 4, B2= 5, B3= 5, B4 = 7, B5= 8, dan B6= 9 dan pada fase baseline-2 (A’) yaitu A’1= 9, A'2= 8, dan A’3= 8. Hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media loose part memberikan pengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 pada anak usia 4-5 tahun.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Pendidikan > PAUD Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | S1 12206193076 SEPTIA YUWAN ARINDA |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 04:21 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 04:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40451 |
Actions (login required)
View Item |