PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT

MILDA NUR AINI, 12208193039 (2023) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI SUMBER BELAJAR SISWA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMPN 1 NGUNUT. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (442kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Media Audio Visual Sebagai Sumber Belajar Siswa Materi Sistem Organisasi Kehidupan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII Di SMPN 1 Ngunut” yang ditulis oleh Milda Nur Aini, NIM. 12208193039, Program Study Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Strata Satu Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Pembimbing Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Hasil Belajar Kognitif Penelitian ini dilatar belakangi oleh miskonsepsi yang sering terjadi dalam proses pembelajaran, seperti tidak mampu mendefinisikan sel, memberikan salah satu contoh jaringan, membedakan jaringan dengan organ, menghubungkan kelainan hati dengan sistem organ pada manusia, dan menentukan tingkatan organisasi kehidupan berdasarkan contoh. Oleh karena itu, miskonsepsi ini perlu diminimalisir, salah satu cara yang dapat dilakukan ialah memanfaatkan media pembelajaran audio visual sebagai sumber belajar siswa. Hal ini dikarenakan media audio visual dapat menarik perhatian siswa dan meningkatkan pemahaman siswa, sehingga mampu mengurangi miskonsepsi selama pembelajaran. Selain itu, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menggali dan mengolah informasi yang diperoleh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan media audio visual dengan metode konvensional di kelas VII SMPN 1 Ngunut. Metode penelitian yang digunakan ialah dengan pendekatan kuantitatif desain penelitian quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini ialah siswa kelas VII-A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Teknik sampling yang digunakan ialah purposive sampling. Instrumen yang digunakan ialah tes dan dokumentasi, kemudian instrumen tes yang berjumlah 20 soal divalidasi terlebih dahulu oleh ahli. Setelah hasil instrumen tes dinyatakan valid maka instrumen tes tersebut diuji coba kepada 25 siswa yang sudah pernah memperoleh materi sistem organisasi kehidupan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan ialah tes dan dokumentasi. Setelah data terkumpul maka data tersebut dianalisis menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar kognitif siswa yang dibelajarkan menggunakan media audio visual dengan metode konvensional kelas VII SMPN 1 Ngunut, yang ditandai dengan nilai signifikansi (2-tailed) 0,366 > 0,05 dari hasil uji hipotesis Mann Whitney. Hal ini dikarenakan media pembelajaran audio visual yang digunakan dalam proses pembelajaran tidak terdengar oleh semua siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi > Lingkungan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 1313030080 OK PRINT
Date Deposited: 26 Sep 2023 06:35
Last Modified: 26 Sep 2023 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40456

Actions (login required)

View Item View Item