PERAN PEMIMPIN DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI KARYAWAN PONDOK KERJA ABA (AMANAH BAPAK) MANGUNSARI (Studi Kasus Pemilik Usaha Collection Mangunsari Tulungagung)

ALFATIHATUZ ZAHRO’, 12207173053 (2023) PERAN PEMIMPIN DALAM MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN ISLAM BAGI KARYAWAN PONDOK KERJA ABA (AMANAH BAPAK) MANGUNSARI (Studi Kasus Pemilik Usaha Collection Mangunsari Tulungagung). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (658kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (433kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (597kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (971kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (622kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (443kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Peran Pemimpin dalam Menyelenggarakan Pendidikan Islam Bagi Karyawan Pondok Kerja ABA Mangunsari (Studi Kasus Pemilik Usaha ABA Collection Mangunsari)”, ini ditulis oleh Alfatihatuz Zahro’, NIM. 12207173053. Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh bapak Dr. H. Masduki, M.Ag., NIP. 196207081998031001. Kata Kunci: Peran pemimpin, Penyelenggaraan pendidikan Islam Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena peran para pegiat sekaligus volunter pendidikan khususnya pendidikan Islam yang turut andil dalam memberdayakan masyarakat lingkungan sekitarnya. Pendidikan Islam adalah bentuk pendidikan yang diakui keberadaannya dan disahkan penyelenggaraannya dalam UU Republik Indonesia tentang Sistem Pendidikan Nasional nomor 20 tahun 2003. Salah satu bentuk pendidikan Islam di Indonesia adalah pendidikan Islam nonformal yang berbasis masyarakat. Pendidikan ini menawarkan pendidikan yang sifatnya fleksibel namun tetap berpegang pada memberdayakan sumber daya manusia. Selayaknya pendidikan Islam yang terselenggara di salah satu kabupaten Tulungagung yaitu Pondok Kerja ABA Mangunsari. Lembaga pendidikan Islam nonformal ini adalah salah satu bentuk penyelenggaraan pendidikan dengan mengajarkan nilai-nilai keislaman yang terintegrasi dengan pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja bagi anak-anak muda yang tidak melanjutkan pendidikan formal. Fokus pada penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana peran pemimpin sebagai leader dalam menyelenggarakan pendidikan Islam bagi karyawan pondok Kerja ABA? (2) Bagaimana peran pemimpin sebagai edukator dalam menyelenggarakan pendidikan Islam bagi karyawan pondok Kerja ABA? (3) Bagaimana peran pemimpin sebagai motivator dalam menyelenggarakan pendidikan Islam bagi karyawan pondok Kerja ABA?. Adapun tujuan dari penulisan ini adalah mengetahui pengaplikasian bentuk peran pemimpin dari Pemilik Usaha ABA Collection dalam menyelenggarakan pendidikan Islam bagi karyawan yang juga berstatus sebagai santri pondok Kerja ABA. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan naturalistik fenomenologi, jenis penelitian (study case). Lokasi penelitian di Pondok Kerja ABA Mangunsari Kedungwaru Tulungagung. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi pada lokasi pondok Kerja ABA, pemilik usaha ABA Collection, tenaga pengajar pondok Kerja ABA, dan karyawan-karyawati pondok Kerja ABA. Teknik analisis data penelitian menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan serta verifikasi data. Keabsahan data penelitian menggunakan pengujian kredibilitas yang meliputi perpanjangan observasi, ketekunan observasi, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran pemilik usaha ABA Collection sebagai pemimpin dalam menyelenggarakan pendidikan Islam bagi karyawan adalah dengan menentukan beberapa kebijakan dalam tata aturan pondok bagi karyawan pondok Kerja ABA selama menempuh pendidikan di dalamnya. (2) Pemilik usaha ABA Collection sebagai pendidik dalam menyelenggarakan pendidikan Islam yaitu dengan memberdayakan karyawan melalui pembiasaan mental, moral, dan fisik. Sebagai pendidik pemilik usaha ABA Collection juga membentuk hubungan interpersonal yang baik dengan para karyawan dengan melakukan komunikasi verbal dan tertulis. (3) Peran pemilik usaha ABA Collection sebagai motivator bagi karyawan pondok Kerja ABA adalah dengan melibatkan diri baik secara langsung maupun tidak langsung. Motivasi yang diberikan pemilik ABA Collection kepada karyawan pondok Kerja ABA diantaranya menyediakan fasilitas pendukung berupa sarana prasarana pondok, dibebaskan dari segala biaya pondok, lingkungan dan suasana pondok yang kondusif dari keramaian perkotaan, pemberian upah kerja dari hasil karyawan yang bekerja di ABA Collection.

Item Type: Skripsi
Subjects: Manajemen > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 12207173053 ALFATIHATUZ ZAHRO'
Date Deposited: 04 Oct 2023 06:56
Last Modified: 04 Oct 2023 06:56
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40685

Actions (login required)

View Item View Item