IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MI YAPENDAWA BENDOREJO POGALAN TRENGGALEK

WENTY NOVITA, 12205193099 (2023) IMPLEMENTASI EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA MI YAPENDAWA BENDOREJO POGALAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]

This is the latest version of this item.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (299kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (203kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Registered users only

Download (353kB)
[img] Text
BAB VI .pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (194kB) | Preview

Abstract

Wenty Novita. NIM: 12205193099. 2023. Implementasi Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembentukan Karakter Siswa MI Yapendawa Bendorejo Pogalan Trenggalek. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing Dr. Septinaningrum, M.Pd. Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Pembentukan Karakter, Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penurunan karakter siswa pasca pandemi covid 19 di MI Yapendawa Bendorejo Pogalan Trenggalek, sehingga pada waktu pandemi pembelajaran tatap muka dialihkan menjadi pembelajaran daring. Dengan adanya hal ini membuat guru tidak dapat sepenuhnya mengontrol karakter siswa, dikarenakan pembelajaran daring bisa dikerjakan dimana dan kapanpun waktunya, sehingga dapat membuat siswa teledor karena sering mengesampingkan tugas yang diberikan guru dan lebih memilih menggunakan waktunya untuk bermain. Oleh karena itu, untuk saat ini perlu adanya pembentukan karakter kembali. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan karakter siswa sebelum adanya ekstrakurikuler pramuka, 2) mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat membentuk karakter siswa, 3) mendeskripsikan faktor penghambat maupun faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Yapendawa Bendorejo Pogalan Trenggalek. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan secara sistematis dengan mengangkat data yang ada di lapangan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang dipakai pada penelitian ini yaitu dengan model analisis interaktif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk tahapan penelitian yaitu tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, tahap analisis data, tahap penulisan laporan, dan penyusunan laporan. Hasil penelitian penulis dapat menyimpulkan bahwa dalam pembentukan karakter siswa di MI Yapendawa Bendorejo Pogalan Trenggalek melalui ekstrakurikuler pramuka sangat baik, sesuai dengan upaya yang telah diberikan oleh lembaga dibuktikan dengan adanya beberapa faktor pendukung dalam pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler pramuka di madrasah ini. Karakter yang muncul dalam ekstrakurikuler pramuka yaitu karakter disiplin, tanggung jawab dan religius. Upaya pembentukan karakter melalui kegiatan pramuka dilakukan dengan melatih kedisiplinan, pemberian tugas, dan pembiasaan rutin keagamaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah
Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193099 WENTY NOVITA
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:35
Last Modified: 10 Oct 2023 06:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40688

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item