ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS X MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR

NUR LAILATUL FITRIA, 12211193086 (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMAHAMAN KONSEP FISIKA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI KELAS X MA BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTA BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (101kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (107kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul "Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik dalam Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Pokok Usaha dan Energi Kelas X MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar" ini ditulis oleh Nur Lailatul Fitria, NIM. 12211193086, pembimbing Husni Cahyadi Kurniawan, S.Si,. M.Si. Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Pemahaman Konsep, Usaha dan Energi Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pengetahuan dan pemahaman peserta didik dalam memahami konsep pembelajaran dan belum mencapai tujuan belajarnya, dengan kata lain peserta didik tidak mendapatkan perubahan atas tingkah laku dengan apa yang diharapkan. Dengan hal ini peneliti memfokuskan mengenai kesulitan belajar peserta didik dalam pemahaman konsep usaha dan energi pada kelas X MA Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk menganalisis kesulitan belajar peserta didik dalam pemahaman konsep usaha dan energi kelas X MA Bustanul Muta'allimin Kota Blitar, (2) untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik dalam pemahaman konsep usaha dan energi kelas X MA Bustanul Muta'allimin Kota Blitar, (3) untuk mengetahui upaya pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik dalam pemahaman konsep usaha dan energi kelas X MA Bustanul Muta'allimin Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini berjumlah 20 peserta didik, kemudian dipilih 3 peserta didik sebagai subjek wawancara, yaitu 1 berkemampuan akademik tinggi, 1 berkemampuan akademik sedang, dan 1 berkemampuan akademik rendah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes soal dan wawancara, teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peserta didik berkemampuan belajar tinggi tidak mengalami kesulitan dalam menunjukkan 4 indikator pemahaman konsep, peserta didik berkemampuan belajar sedang tidak mampu menunjukkan 2 indikator pemahaman konsep yaitu mengklasifikasikan objek menurut sifat-sifat tertentu dan mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep, peserta didik berkemampuan belajar rendah tidak mampu menunjukkan 3 indikator pemahaman konsep yaitu memberikan contoh dan non contoh dari suatu konsep, menyajikan konsep dalam berbagai bentuk representasi matematis serta mengembangkan syarat perlu atau syarat cukup suatu konsep. (2) Faktor-faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar pada konsep usaha dan energi berasal dari faktor internal dan eksternal, faktor internal meliputi diri sendiri, berupa minat, motivasi dan intelegensi, dan factor eksternal meliputi guru, sekolah, dan lingkungan sekitar. (3) Upaya pendidik dalam mengatasikesulitan belajar meliputi pemberian pengulangan (pengayaan), pembelajaran secara langsung dan pendekatan secara personal.

Item Type: Skripsi
Subjects: Fisika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Fisika
Depositing User: 12211193050 Arinda Dwi Styawan Putri
Date Deposited: 04 Oct 2023 07:15
Last Modified: 04 Oct 2023 07:15
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40696

Actions (login required)

View Item View Item