DINI ROHMATUS SALAMAH, 12205193042 (2023) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 4 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
|
Text
ABSTRACK.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (442kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (518kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (683kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (579kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (647kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Implementasi Metode Ummi Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Di MIN 4 Tulungagung” ini ditulis oleh Dini Rohmatus Salamah, NIM. 12205193042,Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Pembimbing : H. Muh Nurul Huda, M.A. Kata Kunci : Metode Ummi, Kemampuan Membaca Alquran Akhir- akhir ini banyak sekali generasi muda yang kurang mampu dalam membaca Al-Qur‟an. Yang mana Al-Qur‟an merupakan kitab mulia, kitab suci bagi umat Islam, kitab yang menjadi pedoman dasar bagi umat Islam. Saat ini banyak lembaga formal yang berlomba-lomba menjamin kualitas siswa-siswi lulusanannya. Salah satu jaminan kualitas kepada wali murid adalah kemampuan membaca Al-Qur‟an dengan tartil dan sesuai tajwid. Hal ini tentu memerlukan sistem pengajaran al-Qur‟an secara manejemen mampu mengantarkan lulusannya bisa membaca al-Qur‟an dengan tartil sesuai tajwid. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti implementasi metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-quran di MIN 4 Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaiamana perencanaan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa di min 4 tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswadi min 4 tulungagung? (3) Bagaimana implikasi atau akibat baik dari penerapan metode ummi dalam meningkatkan kemampuan membaca al-Qur‟an siswa di min 4 tulungagung? Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian 1) Perencanaan pembelajaran menggunakan metode Ummi di MIN 4 Tulungagung yaitu placement test, membuat jadwal kegiatan belajar mengajar atau KBM, membuat kalender pendidikan, membuat target pembelajaran Alquran metode Ummi , membuat pembagian tugas ustadzah, membuat jurnal harian. 2) Tahapan pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode Ummi di MIN 4 Tulungagung, guru melakukan 7 tahapan pelaksanaan pembelajaran antara lain: Pembukaan, apresepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan atau keterampilan, Penutup. 3) Implikasi dari pembelajaran menggunakan metode ummi di MIN 4 Tulungagung sangatlah baik dan mengalami peningkatan. Sebelum menggunakan metode ummi, kemampuan membaca Al-Quran para murid masih rendah terutama pada pelafalan makhorijul huruf dan juga tajwid pada murid masih belum maksimal banyak yang salah. Namun, ketika berganti ke metode ummi kemampuan membaca Al-Quran para murid meningkat dengan pesat terutama pada makhorijul huruf dan tajwid nya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12202193042 IKFINA ILMA WAHYUNI |
Date Deposited: | 04 Oct 2023 08:19 |
Last Modified: | 04 Oct 2023 08:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40701 |
Actions (login required)
View Item |