MERITA RISKA RIYANA, 12205193185 (2023) ANALISIS KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (418kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (209kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (308kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (115kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (241kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (95kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Kelas V di MIN 7 Tulungagung” ini ditulis oleh Merita Riska Riyana, NIM 12205193185, Pembimbing Dr. Nita Agustina Nurlaila Eka Erfiana, M.Pd.I Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik, Pembelajaran Tematik, Kelas V Skripsi ini dilatarbelakangi masih banyak guru yang kurang menguasai kompetensi pedagogik. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan materi pembelajaran, kurangnya kemampuan guru dalam pengelolaan kelas, kurangnya komunikasi dan pendekatan pada saat pembelajaran, pendidik tidak sepenuhnya merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sendiri dikarenakan masih mengadopsi RPP yang telah tersedia di buku pegangan guru padahal RPP yang diambil dari buku pegangan guru belum tentu sesuai dengan kondisi peserta didik dan di dalam pembelajaran guru juga sangat membutuhkan RPP untuk membantu menyusun rangkaian pembelajaran supaya lebih terstruktur ketika mengajar. Guru harus memiliki kompetensi dalam mengelola pembelajaran untuk memperoleh hasil belajar peserta didik yang memuaskan, oleh karena itu penting bagi seorang guru untuk menguasai kompetensi pedagogik guru yang harus dimiliki oleh guru profesional. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik kelas V di MIN 7 Tulungagung?, (2) Apa saja faktor penghambat kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik kelas V di MIN 7 Tulungagung?, (3) Bagaimana cara meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik kelas V di MIN 7 Tulungagung?. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif. Penelitian menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan peneliti dengan menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Secara keseluruhan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik sudah cukup bagus. Guru memiliki kemampuan di bidangnya dalam memberikan pembelajaran tematik. Secara keseluruhan guru sudah memenuhi indikator kompetensi pedagogik, (2) Faktor yang menjadi penghambat kompetensi pedagogik guru yaitu motivasi guru yang masih rendah, kurangnya pelatihan yang diikuti guru, keterbatasan waktu dan biaya, dari pihak madrasah sendiri belum bisa memberangkatkan guru untuk mengikuti pelatihan karena terkendala biaya, kurangnya motivasi dalam diri guru untuk mengembangkan kompetensinya, kurangnya sarana dan prasarana untuk mengembangkan kompetensi pedagogik guru, (3) Peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran tematik dapat dilakukan guru dengan mengikuti pelatihan, guru membaca buku dan jurnal terkait dengan kompetensi pedagogik guru, kepala madrasah mengadakan pembinaan di setiap awal atau akhir semester, kepala madrasah merencanakan kegiatan yang memungkinkan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru, kepala madrasah memberikan motivasi kepada guru untuk meningkatkan kompetensinya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 12205193159 ALIFIA ANGGI WAHYU PUTRI |
Date Deposited: | 05 Oct 2023 02:57 |
Last Modified: | 05 Oct 2023 02:57 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40713 |
Actions (login required)
View Item |