KHOIRUN HIDAYATUN ANISAH, 2811123118 (2016) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN RELIGIUSITAS SISWA DI SMK ISLAM 1 DURENAN TRENGGALEK. [ Skripsi ]
Text
S COVER 1.pdf Download (415kB) |
||
Text
S BAB 1.pdf Download (199kB) |
||
|
Text
S BAB 2.pdf Download (461kB) | Preview |
|
|
Text
S BAB 3.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text
S BAB 4.pdf Download (440kB) | Preview |
|
|
Text
S BAB 5.pdf Download (188kB) | Preview |
|
|
Text
S BAB 6.pdf Download (130kB) | Preview |
|
Text
S DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (97kB) |
||
|
Text
S LAMPIRAN.pdf Download (609kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK SKRIPSI ini berjudul “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMK Islam 1 Durenan Trenggalek” ini ditulis oleh Khoirun Hidayatun Anisah, NIM 2811123118, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan judul, “Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religiusitas Siswa di SMK Isalam 1 Durenan Trenggalek” NIM 2811123118 dibimbing oleh Fathul Mujib, M.Ag. NIP. 19750523 200604 1 002 Kata Kunci : Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Religiusitas. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pendidikan agama Islam di sekolah sering dianggap kurang berhasil dalam menggarap sikap dan perilaku keagamaan peserta didik serta membangun moral dan etika bangsa. Realitanya perilaku pelajar yang sangat nyata adalah keagamaan siswa lemah, sekarang ini untuk mengamalkan kegiatan ibadah saat ini sudah mulai gersang, selain itu juga adab dan sopan santun sudah sangat berkurang. Adab pergaulan dengan guru, adab dengan teman bahkan adab dengan orang tua, sepertinya sudah tidak diindahkan. Realitas diatas dinilai oleh sebagian masyarakat, merupakan bentuk kegagalan sekolah dalam membina keagamaan pada siswannya, dan itu merupakan tantangan bagi guru pendidikan agama Islam. Fokus masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religusitas Siswa hal Aqidah? (2) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan Religusitas Siswa hal Ibadah? (3) Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Religusitas Siswa hal Akhlak ? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan dalam analisa data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini juga menggunakan pengecekan keabsahan data di antaranya perpanjang keikutsertaan, ketekunan pengamatan, serta triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian: (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa hal aqidah adalah strategi pembelajaran kontekstual, yaitu melalui penanaman nilai-nilai religius hal aqidah meliputi berdo’a sebelum dan sesudah pembelajaran, adanya kegiatan tadarus al-Qur’an setiap pagi, berdo’a bersama atau berdo’a istighastah dan kegiatan ziarah wali. (2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa hal ibadah adalah strategi pembelajaran kontekstual, yakni melalui penanaman nilai-nilai religius hal ibadah meliputi shalat dhuha, tadarus Al-Qur’an, selain itu kegiatan tahunan seperti kegiatan zakat dan kegiatan qurban. (3) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan religiusitas siswa hal akhlak adalah strategi pembelajaran ekspository, yakni melalui penanaman nilai-nilai religius hal akhlak meliputi memberikan motivasi terhadap siswa, memperingati PHBI yang diadakan perlombaan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 2811123118 KHOIRUN HIDAYATUN ANISAH |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 06:18 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 06:18 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4072 |
Actions (login required)
View Item |