MUHTAR ALI MAHMUD, 1756144036 (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN LANGSUNG DALAM MENANAMKAN DISIPLIN SANTRI(Studi Multikasus di Pondok Pesantren Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat dan Madrasah Diniyah Tanwirul Qulub Pelem Campurdarat). [ Thesis ]
|
Text
COVER.pdf Download (808kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (303kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (257kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (204kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (140kB) |
||
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (63kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Tesis dengan judul “Strategi Ustadz Dalam Menanamkan Disiplin Santri “(Studi Multi Kasus Di Pondok Pesantren Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat Dan Madrasah Diniyah Tanwirul Qulub Pelem)” ini disusun oleh Muhtar Ali Mahmud dengan dibimbing oleh Dr. H. Teguh, M.Ag. dan Dr. Ngainun Naim, M.HI. Kata Kunci : Perencanaan pembelajaran langsung, pelaksanaan pembelajaran langsung, evaluasi pembelajaran langsung dan Disiplin Santri Penelitian dalam tesis ini dilatarbelakangi oleh ustadz yang mempunyai hubungan yang sangat erat dengan kemajuan dan perkembangan peserta didik, baik secara moral maupun intelegensi. Sehingga keberadaan ustadz akan sangat menentukan keberhasilan peserta didik secara umum. Fokus penelitian tesis ini adalah 1.) Bagaimana perencanaan pembelajaran langsung dalam menanamkan disiplin santri di Pondok Pesantren Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat dan Madrasah Diniyah Tanwirul Qulub Pelem. 2.) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran langsung dalam menanamkan disiplin santri di Pondok Pesantren Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat dan Madrasah Diniyah Tanwirul Qulub Pelem. 3.) Bagaimana evaluasi pembelajaran langsung dalam menanamkan disiplin santri di Pondok Pesantren Madinul Ulum Campurdarat dan Madrasah Diniyah Tanwirul Qulub Pelem. Penelitian ini berdasarkan lokasi sumber datanya termasuk katagori penelitian lapangan dan ditinjau dari segi sifat-sifat data termasuk dalam penelitian kualitatif, berdasarkan pembahasannya termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi multi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisa data dilakukan mulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data dilakukan perpanjangan kehadiran peneliti, triangulasi, pembahasan teman sejawat dan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian: 1.) Perencanaan pembelajaran langsung, ustadz sebagai mediator, ustadz sebagai motivator, ustadz sebagai uswah/tauladan bagi santri. 2.) Pelaksanaan pembelajaran langsung dalam menanamkan disiplin santri : bekerjasama dengan orang tua/wali santri untuk meningkatkan kepedulian orang tua terhadap peserta didik akan pentingnya hubungan yang positif antara pengelola pendidikan (Pondok Pesantren Ma’dinul ‘Ulum Campurdarat dan Madrasah Diniyah Tanwirul Qulub Pelem Campurdarat) dengan wali santri memberikan kegiatan-kegiatan yang positif dengan menyisipkan materi akhlak pada setiap kegiatan untuk menunjang santri lebih disiplin, menindak dengan segera apabila ada santri yang melanggar tata tertib. 3.) Evaluasi pembelajaran langsung dilakukan dengan diawal ditengah dan diakhir Kesimpulan : pada dasarnya strategi ustadz pada kedua lembaga ini mempunyai kesamaan yaitu dengan memberikan contoh yang baik/uswah kepada santri dalam disiplin belajar sehingga santri mempunyai model untuk mempermudah implementasinya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun usaha yang dilakukan adalah dengan memasukkan materi atau nilai-nilai ahklak dalam setiap kegiatan santri.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Tinggi |
Divisions: | Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | muhtar ali 1756144036 MUHTAR ALI MAHMUD |
Date Deposited: | 07 Nov 2016 06:23 |
Last Modified: | 07 Nov 2016 06:23 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4073 |
Actions (login required)
View Item |