ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI STRUKTUR TUMBUHAN PADA KELAS VIII MTS NEGERI 1 TULUNGAGUNG

AZKA HIBATUL AZIZI, 12208173091 (2023) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI MATERI STRUKTUR TUMBUHAN PADA KELAS VIII MTS NEGERI 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (960kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (431kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (510kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (882kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (485kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (670kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (506kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (356kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Analisis Kesulitan Peserta Didik Dalam Memahami Materi struktur tumbuhan Pada Kelas VIII MTs Negeri 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Azka Hibatul Azizi, NIM 12208173091dengan dosen pembimbing bapak Muhammad Luqman Hakim Abbas, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Pandemi, Kesulitan Belajar, Struktur Tumbuhan. Penelitian yang dilakukan dalam skripsi ini diawali dengan konteks peristiwa merebaknya wabah Virus Covid-19 menjadi pandemi dan berpengaruh ke semua sektor kehidupan tidak terkecuali sektor pendidikan. Pendidikan di sekolah tidak bisa dilakukan dengan cara tatap muka secara penuh guna meminimalisir penyebaran Virus Covid-19. Sehingga pemerintah daerah memberikan kebijakan untuk mengurangi jumlah siswa yang masuk dengan pembelajaran campuran. Salah satu sekolah yang melakukan hal ini adalah MTsN 1 Tulungagung. Dengan diberlakukannya pembelajaran secara campuran, yang mana hanya sebagian peserta didik yang datang ke sekolah untuk belajar dan sebagian yang lainnya melakukan pembelajaran daring. Maka guru dan peserta didik harus beradaptasi dalam metode pembelajaran ini. Namun, pada praktiknya ditemui kesulitan-kesulitan yang dialami oleh peserta didik sehingga tidak bisa mencapai hasil belajar yang diinginkan. Dengan demikian, peneliti memfokuskan mengenai kesulitan belajar yang dialami peserta didik kelas VIII MTsN 1 Tulungagung pada konsep struktur dan jaringan tumbuhan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui kesulitan belajar peserta didik dalam kelas VIII MTsN 1 Tulungagung memahami materi struktur tumbuhan. (2) Untuk mengetahui faktor-faktor kesulitan belajar peserta didik kelas VIII MTsN 1Tulungagung dalam memahami materi struktur tumbuhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan masalah-masalah yang diteliti. Menurut jenis penelitiannya, penelitian ini termasuk penelitian Fenomenologi. Lokasi penelitian ini adalah MTsN 1 Tulungagung. Sampel yang digunakan diambil dari peserta didik kelas VIII yang memiliki nilai di bawah KKM. Teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara terhadap siswa, wawancara terhadap guru dan dokumentasi. Hasil penelitian ini meliputi: (1) kesulitan belajar yang dialami peserta didik adalah peserta didik mengalami kesulitan untuk menghafalkan struktur tumbuhan yang biasanya menggunakan bahasa latin yang asing bagi peserta didik, peserta didik juga mengalami kesulitan dalam menjelaskan fungsi struktur tumbuhan, kesulitan dalam memahami dan mengidentifikasi struktur tumbuhan, serta peserta didik kesulitan pada saat mengingat materi pada saat mengerjakan soal. (2) faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar peserta didik terbagi menjadi 2 faktor yang berasal dari luar (faktor eksternal) dan faktor yang berasal dari dalam diri (internal). Faktor internal antara lain berupa faktor kognitif dan faktor afektif (minat dan kedisiplinan belajar). Faktor eksternal berupa sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah maupun yang dimiliki peserta didik sendiri, lingkungan sekitar seperti pergaulan dan suasana lingkungan (kebisingan) serta kehadiran orang tua/keluarga dalam proses belajar peserta didik pada pembelajaran daring.

Item Type: Skripsi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 12208173091 AZKA HIBATUL AZIZI
Date Deposited: 05 Oct 2023 03:43
Last Modified: 05 Oct 2023 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40744

Actions (login required)

View Item View Item