PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MATRIKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN JIGSAW SISWA KELAS X SMK SIANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016

MIKA KISWORO, 2814123017 (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI MATRIKS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN JIGSAW SISWA KELAS X SMK SIANG TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (352kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf

Download (267kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (248kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (133kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Perbedaan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Matriks Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Jigsaw Siswa Kelas X SMK Siang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016” ini ditulis oleh Mika Kisworo, NIM. 2814123017, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Ummu Sholihah, M.Si. Kata Kunci : Hasil Belajar, Numbered Head Together (NHT), Jigsaw Telah banyak dilakukan upaya agar proses pembelajaran di sekolah-sekolah semakin membaik. Namun, dalam pelaksanaannya proses pembelajaran belum berjalan efektif. Para siswa khususnya siswa sekolah menengah sering mengeluh jika dihadapkan pada mata pelajaran matematika. Bagi mereka matematika merupakan mata pelajaran yang menakutkan karena berhubungan dengan angka-angka dan rumus-rumus yang harus di hafal. Hal tersebut membuat matematika kurang diminati oleh siswa sehingga berdampak terhadap rendahnya hasil belajar. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar matematika yaitu cara pengajaran guru yang lebih dominan dalam proses pembelajaran, sehingga belum ada kerja kelompok dan hanya sebagian siswa yang memperhatikan penjelasan guru. Hal ini yang membuat siswa kurang terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut, dalam proses pembelajaran perlu menggunakan model pembelajaran yang melibatkan siswa aktif secara langsung agar mereka dapat mengoptimalkan kemampuan yang dimiliki. Model pembelajaran yang dapat mengatasi hal tersebut adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Jigsaw. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika pada materi matriks menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Jigsaw siswa kelas X SMK Siang Tulungagung tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Quasi-Experimental Designs. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model pembelajaran Jigsaw. Sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi kelas X SMK Siang Tulungagung tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 118 siswa dengan sampel penelitian adalah siswa kelas X-TSM yang berjumlah 24 siswa dan siswa kelas X-TKJ yang berjumlah 23 siswa. Teknik sampling dalam penelitian ini adalah teknik Purposive Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari uji homogenitas, uji normalitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan analisis uji t diperoleh nilai t_hitung sebesar 2,909. Selanjutnya diperoleh nilai t_tabel sebesar 2,021 dengan taraf signifikan 5%. Sehingga, nilai t_hitung≥t_tabel yaitu 2,909≥2,021 maka ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Jigsaw. Sehingga disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar matematika pada materi matriks menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan Jigsaw siswa kelas X SMK Siang Tulungagung Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 2814123017 MIKA KISWORO
Date Deposited: 11 Nov 2016 03:43
Last Modified: 11 Nov 2016 03:43
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4087

Actions (login required)

View Item View Item