STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 TRENGGALEK

ZAHRUL RAMADANI, 12201173016 (2023) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK KARAKTER TANGGUNG JAWAB PESERTA DIDIK KELAS XI DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (58kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (29kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (44kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (155kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (44kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (20kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Srategi Guru PAI Untuk Membentuk Sika Tanggung Jawab Peserta didik Kelas XI di MAN 1 Trenggalek” yang ditulis oleh Zahrul Ramadani, NIM 12201173016, Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagungm, dibimbing oleh Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata Kunci : Strategi, Guru PAI MAN, Karakter Tanggung Jawab Guru menjadi seseorang yang penting dalam kemajuan pendidikan bangsa, semakin tinggi ilmunya dalam pembentukan karakter semakin tinggu pula keberhasilannya dalam pembentukan karakter peserta didik. Di lingkungan MAN 1 Trenggalek diperoleh informasi bahwa peserta didik menerapkan karakter tanggung jawab dengan sangat baik. Berkaitan dengan hal itu, tentunya guru Pendidikan Agama Islam MAN 1 Trenggalek memiliki andil besar dalam pembentukan karakter tanggung jawab peserta didik. Untuk itu, peneliti tertarik untuk mengetahui strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam di MAN 1 Trenggalek dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik. Fokus penelitian ini sebagai berikut: (1) bagaimana strategi pengorganisasian yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik kelas XI MAN 1 Trenggalek? (2) bagaimana strategi penyampaian yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik kelas XI MAN 1 Trenggalek? (3) bagaimana strategi pengelolaan yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk karakter tanggung jawab peserta didik kelas XI MAN 1 Trenggalek?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis penelitian ini menggunakan studi kasus. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Untuk pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) strategi pengorganisasian yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam MAN 1 Trenggalek yaitu dengan menyiapkan rancangan pembelajaran yang berisi tentang materi pembelajaran, alokasi waktu, serta media yang akan digunakan, selain membuat rancangan pembelajaran guru juga memberikan penugasan kepada peserta didik dengan tujuan meningkatkan karakter tanggung jawab peserta didik. (2) strategi penyampaian yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam MAN 1 Trenggalek yaitu dengan menggunakan media digital, internet, dan buku. (3) strategi pengelolaan yang digunakan guru Pendidikan Agama Islam MAN 1 yaitu dengan melakukan evaluasi, hasil dari evaluasi digunakan untuk bahan pertimbangan dalam menentukan strategi yang akan digunakan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Pendidikan > Strategi Pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12101173033 Yogi Permana
Date Deposited: 10 Oct 2023 06:31
Last Modified: 10 Oct 2023 06:31
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40897

Actions (login required)

View Item View Item