UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 6 DI MIN 3 TULUNGAGUNG

YULIA KARISMA NISA'UL WAKHIDAH, 12205193152 (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN NUMERASI SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 6 DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (53kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Numerasi Siswa pada Pembelajaran Matematika Kelas 6 di Min 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Yulia Karisma Nisa’ul Wakhidah, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Jurusan Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah, NIM: 12205193152 yang dibimbing oleh Ibu Uswatun Hasanah S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Kemampuan Numerasi Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh banyaknya anak yang mengeluh mengenai pelajaran matematika yang dianggap sulit oleh siswa sehingga mengakibatkan siswa sulit dalam menerima penjelasan dari guru. Problematika yang lainnya seperti kurangnya minat belajar siswa, rendahnya pemahaman mengenai konsep matematika, dan metode yang kurang menarik dari guru. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya guru dalam menyusun materi untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas 6 MIN 3 Tulungagung. 2) Bagaimana upaya guru dalam menyiapkan media pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas 6 MIN 3 Tulungagung. 3)Apa saja metode pembelajaran yang digunakan guru untuk meningkatkan kemapuan numerasi siswa pada pembelajaran matematika siswa kelas 6 di MIN 3 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian terletak di MIN 3 Tulungagung yang berada di Desa Pandansari Kecamatan Ngunut Kabupaten Tulungagung. Data yang diperoleh berasal dari kepala sekolah, guru matematika, waka kurikulum dan peserta didik kelas 6. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah observasi,wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini dapat peneliti simpulkan bahwa: (1) Strategi guru dalam menyusun materi dengan menggunakan bentuk hand out atau ringkasan dengan kriteria materi harus relevan, konsisten dan mencakup kebutuhan siswa. guru diberikan keleluasaan ketika menyusun materi sesuai degan kreatifitasnya sehingga sekolah tidak memberikan pedoman khusus dalam penyusunan materi. (2) Guru menggunakan media pembelajaran seperti gambar, media garis, media dari bahan bekas kardus untuk bangun ruang dan media kartu untuk meningkatkan kemampuan numerasi pada siswa sehingga menciptakan suasana belajar yang menarik. (3) Metode yang digunakan guru dalam meningkatkan kemampuan numerasi adalah metode dril yaitu latihan dengan berulang-ulang, metode permainan atau game dan metode kelompok.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193152 YULIA KARISMA NISA'UL WAKHIDAH
Date Deposited: 30 Oct 2023 01:54
Last Modified: 30 Oct 2023 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/40912

Actions (login required)

View Item View Item