PENERAPAN PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI FINGERPRINT UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH KEBONDUREN 03 BLITAR

SITI NUR AINI, 12206183033 (2023) PENERAPAN PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS MELALUI FINGERPRINT UNTUK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK AL-HIDAYAH KEBONDUREN 03 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (617kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (346kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (321kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Pengembangan Motorik Halus Melalui Fingerprint Untuk Anak Usia 5-6 Tahun di TK Al-Hidayah Kebonduren 03 Blitar” ini ditulis oleh Siti Nur Aini, NIM. 12206183033, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Luluk „Atirotu Zahro, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan Motorik Halus, Fingerprint. Penelitian ini didasarkan pada kondisi peneliti dilapangan bahwa pentingnya pengembangan motorik halus pada anak karena hal tersebut akan berpengaruh pada tumbuh dan kembang tubuh anak. Pengembangan motorik halus anak dapat dilakukan melalui fingerprint kegiatan sederhana yaitu menggambar dan mewarnai yang dilakukan disekolah. Melalui kegiatan yang sederhana dan menarik, akan mempermudah perkembangan motorik halus anak dengan baik. Oleh sebab itu, peneliti melakukan penelitian di TK Al-Hidayah Kebonduren 03 Blitar karena lembaga ini mempunyai banyak kegiatan pengembangan motorik halus untuk siswa yang kreatif, bervariasi dan menarik. Fokus penelitian dari skripsi ini yaitu : (1) Bagaimana penerapan pengembangan motorik halus melalui fingerprint kegiatan menggambar untuk anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Kebonduren 03 Blitar ?, (2) Bagaimana penerapan pengembangan motorik halus melalui fingerprint kegiatan mewarnai untuk anak usia 5-6 tahun di TK Al-Hidayah Kebonduren 03 Blitar?. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui cara penerapan pengembangan motorik halus melalui fingerprint kegiatan menggambar dan mewarnai. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data untuk penelitian ini yaitu observasi partisipan, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Langkahlangkah dalam analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi. Hasil penelitian yaitu: (1) Penerapan pengembangan motorik halus melalui fingerprint yaitu dengan kegiatan menggambar yaitu pertama, guru menyiapkan tema tanaman kaktus, serta alat dan bahan meliputi lembar kertas, bubur warna hijau dan pink, sendok dan tisu lalu membagikan kepada semua siswa. Kedua, guru menjelaskan tentang tanaman kaktus dan cara menggambar dengan fingerprint. Ketiga, anak mulai menggambar dengan mengecap tangan dengan warna hijau untuk membentuk batang kaktus, lalu diberikan sedikit goresan pada setiap batang. Anak menempelkan jari warna pink pada setiap ujung gambar jari untuk membuat bunga. Tempelkan telapak tangan bagian bawah warna pink untuk membentuk pot. Selanjutnya keringkan gambar dan bersihkan tangan dengan air. (2) Penerapan pengembangan motorik halus melalui fingerprint kegiatan mewarnai yaitu pertama, guru menyiapkan tema buah anggur, serta alat dan bahan meliputi lembar kertas, buah anggur, cat air, spons, krayon, dan spidol lalu membagikan kepada semua siswa. Kedua, guru menjelaskan tentang buah anggur dan cara mewarnai dengan fingerprint. Ketiga, siswa mulai mewarnai bagian daun anggur, setelah itu siswa mencelupkan jari ke spons yang sudah diberi cat air ungu lalu cap kan ke bawah daun anggur secara satu persatu hingga membentuk segerombolan anggur. Setelah selesai siswa memberi nama anggur di bawah gambar dan guru mengajak siswa untuk mencuci tangan sampai bersih. Guru memberikan reward kepada siswa yang mampu menyelesaikan tugasnya. Guru juga melakukan evaluasi bulanan untuk melihat peningkatan perkembangan motorik halus pada anak melalui fingerprint menggambar dan mewarnai.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Pendidikan > Pembiasaan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 12206183033 SITI NUR AINI
Date Deposited: 26 Oct 2023 02:59
Last Modified: 26 Oct 2023 02:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41220

Actions (login required)

View Item View Item