PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA PEMBELAJARAN KISAH TELADAN NABI IBRAHIM AS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 2 BLITAR

ACHMAD ABDUL HADI NUR ROSYID, 12201193054 (2023) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK PADA PEMBELAJARAN KISAH TELADAN NABI IBRAHIM AS PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTSN 2 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (448kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (592kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (596kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (557kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (842kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (93kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (308kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Sosial TikTok Pada Pembelajaran Kisah Teladan Nabi Ibrahim As Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII Di MTsN 2 Blitar” ini ditulis oleh Achmad Abdul Hadi Nur Rosyid, NIM. 12201193054, dengan pembimbing Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata Kunci: Pengembangan Media, Media Sosial TikTok, Akidah Akhlak, Kisah Teladan Nabi Ibrahim As, Motivasi Belajar, Kelayakan Media, Respon Peserta Didik. Maraknya penggunaan media sosial di kalangan peserta didik merupakan peluang besar bagi pendidik untuk memanfaatkan media sosial sebagai media pembelajaran dalam proses pelaksanaan pembelajaran di sekolah. Kurangnya variasi media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik menjadi kendala yang terjadi pada saat proses pembelajaran, sehingga peserta didik kurang minat dan kurang termotivasi dalam pelaksanaan pembelajaran. Kendala yang terjadi pada saat proses pembelajaran yaitu kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk peserta didik dari materi kisah teladan Nabi Ibrahim As pada mata pelajaran Akidah Akhlak dan kurangnya pemanfaatan fasilitas yang tersedia di MTsN 2 Blitar yang menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain media, menganalisis uji kelayakan dan respon peserta didik terhadap media pembelajaran Akidah Akhlak dengan media sosial TikTok pada materi kisah teladan Nabi Ibrahim As kelas VII di MTsN 2 Blitar. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengembangan desain media pembelajaran TikTok pada materi kisah teladan Nabi Ibrahim As pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 2 Blitar?; (2) Bagaimana hasil uji kelayakan media pembelajaran TikTok pada materi kisah teladan Nabi Ibrahim As pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 2 Blitar?; dan (3) Bagaimana respon peserta didik terhadap media pembelajaran TikTok pada materi kisah teladan Nabi Ibrahim As pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VII di MTsN 2 Blitar? Rancangan penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model penelitian yang dikembangkan oleh Bergman dan Moore yang terdiri dari enam tahapan yaitu, analisis, desain, pengembangan, produksi, penggabungan, dan validasi. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan cluster sampling. Subjek dalam penelitian ini adalah satu ahli media dan dua ahli materi. Objek dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik kelas VII I sebagai kelas eksperimen dan kelas VII G sejumlah 32 peserta didik sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar angket uji kelayakan ahli media, lembar angket uji kelayakan ahli materi, pretest, postest dan angket respon peserta didik. Analisis data kelayakan dan respon peserta didik menggunakan rumus persentase dan analisis motivasi belajar menggunakan independent sample t-test dan N-Gain score. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Akidah Akhlak dengan media sosial TikTok dengan username @mediadakwah.id, memperoleh uji kelayakan media dengan pengembangan video pembelajaran dengan media sosial TikTok sebesar 83% dan hasil uji kelayakan materi kisah teladan Nabi Ibrahim As mendapatkan hasil sebesar 94%. Respon peserta didik pada media pembelajaran Akidah Akhlak dengan media sosial TikTok memperoleh hasil sebesar 94% dengan kriteria sangat positif. Berdasarkan analisis angket pre-test dan post-test motivasi belajar peserta didik diketahui terdapat peningkatan motivasi belajar melalui penggunaan media sosial TikTok pada mata pelajaran Akidah Akhlak pada materi kisah teladan Nabi Ibrahim As kelas VII. Peningkatan tersebut dapat dilihat melalui perbandingan peningkatan nilai motivasi belajar antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193054 ACHMAD ABDUL HADI NUR ROSYID
Date Deposited: 23 Oct 2023 03:13
Last Modified: 23 Oct 2023 03:13
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41294

Actions (login required)

View Item View Item