PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) PADA SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DI MTSN 1 BLITAR

ANDIKA ABDI ROBBI AHSAN, 12204183196 (2022) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR UNIT KEGIATAN BELAJAR MANDIRI (UKBM) PADA SISTEM KREDIT SEMESTER (SKS) UNTUK MATA PELAJARAN MATEMATIKA PADA MATERI FUNGSI KUADRAT DI MTSN 1 BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (420kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (212kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (337kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (759kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengembangan Bahan Ajar Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Pada Sistem Kredit Semester (SKS) Untuk Mata Pelajaran Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat Di MTsN 1 Blitar” yang ditulis oleh Andika Abdi Robbi Ahsan, NIM. 12204183196, Fakultas Tadris dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sayid Ali Rahmatullah Tulungagung, pembimbing Dr. Syaiful Hadi, M.Pd. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM), Sistem Kredit Semester (SKS). Peenelitian ini dilatar belakangi tentang materi pada pelajaran matematika dimana siswa yang belum sepenuhnya mengerti atau paham akan materi yang di sampaikan oleh guru cenderung menganggap matematika itu sulit dan Penggunaan bahan ajar berupa UKBM dinilai penting dalam pembelajaran berbasis Sistem Kredit Semester (SKS). Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengetahui pengembangkan media Pengembangan bahan ajar UKBM pada sistem SKS untuk mata pelajaran matematika pada materi fungsi kuadrat di MTsN 1 Blitar. (2) Untuk mengetahui kelayakan media Pengembangan bahan ajar UKBM pada sistem SKS untuk mata pelajaran matematika pada materi fungsi kuadrat di MTsN 1 Blitar. (3) Untuk mengetahui respon siswa tentang bahan ajar UKBM pada sistem SKS untuk mata pelajaran matematika pada materi fungsi kuadrat di MTsN 1 Blitar. Penelitian R&D dengan teknik perolehan data primer dari tes dan observasi terhadap siswa di lapangan serta data sekunder berupa hasil validasi ahli materi, validasi ahli media, dan validasi guru. Metode penelitian menggunakan 4D yang dikembangkan oleh S. Thiagarajan, S. Semmel, dan Melvyn I dengan tahapan utama yakni Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Dessiminate (Penyebaran) Populasi penelitian sebanyak 32 orang siswa kelas IX. Analisis data yang digunakan yaitu skala linkert analisis kelayakan dan respon siswa untuk mengetahui perbedaan dari pre-test dan post- test. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Proses pengembangan media yang telah dilakukan yaitu melakukan berbagai analisis kebutuhan guru dan siswa, menganalisis kurikulum yang berlaku, melakukan observasi dan konsultasi, setelah menganalisis kebutuhan peneliti mulai merancang bahan ajar, setelah melakukan pendefinisian peneliti selanjutnya melakukan pengembangan produk. (2) Validator media menunjukkan angka sebesar 80% dari keseluruhan dinyatakan valid, dari validator media menunjukkan angka sebesar 100% dari keseluruhan dan dinyatakan valid, serta dari guru mata pelajaran matematika menunjukan angka 87,69% valid. (3) Hasil uji coba kelompok kecil menunjukan nilai 60 poin dan uji coba kelompok besar menunjukkan nilai ketuntasan sebesar 89,06 poin maka dapat di anggap layak untuk digunakan. Respon siswa pada bahan ajar menunjukkan nilai positif dengan angka persentase sebesar 90,6%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika > Aljabar
Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: 12204183196 ANDIKA ABDI ROBBI AHSAN
Date Deposited: 01 Nov 2023 03:36
Last Modified: 01 Nov 2023 03:36
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41329

Actions (login required)

View Item View Item