IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

MUHAMMAD ANSHORI, 12201193128 (2023) IMPLEMENTASI METODE MENGHAFAL DALAM PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS SISWA KELAS VIII MTS DARUL HIKMAH TAWANGSARI KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (751kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (288kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (139kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Implementasi Metode Menghafal dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari Kedungwaru Tulungagung” ditulis oleh Muhammad Anshori, NIM. 12201193128, Tahun 2023, Dosen Pembimbing Prof. Dr. H. Abd. Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci : Implementasi, Metode Menghafal, Pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Konteks penelitian: Al-Qur’an dan Hadist menjadi dasar hukum dalam ajaran agama Islam. Kegiatan menghafal menjadi kegiatan penting yang telah dilakukan oleh umat Islam sejak Islam ada dan pemahaman Al-Qur’an dan hadist menjadi wajib untuk dimiliki. Negara Indonesia memiiki populasi Muslim terbesar diseluruh dunia. Pada kenyataannya, umat islam diindonesia yang bisa membaca Al-Qur’an hanya 35 persen, hal ini di ungkapkan langsung oleh wakil ketua umum Dewan Masjid Indonesia, padahal banyak lembaga pegajaran Al-Qur’an didirikan, seperti pengajaran Al-Qur’an pada pembelajaran Al-Qu’an dan Hadits di MTs Darul Hikmah Tawangsari, apabila seorang guru menguasai metode dan mampu megimplementasikannya maka dipastikan akan memudahkan proses pembelajaran. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana proses penentuan metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari, Kedungwaru, Tulungagung? (2) Bagaimana pelaksanaan metode mneghafal dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari, Kedungwaru, Tulungagung? (3) Bagaimana evaluasi metode menghafal dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits Siswa Kelas VIII MTs Darul Hikmah Tawangsari, Kedungwaru, Tulungagung? Penelitian ini memakai pendekatan kualitatif dan jenis penelitian fenomenologi, Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Penelitian ini dalam menganalisis data penelitian menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Penelitian ini juga melakukan pengecekan keabsahan data melalui perpanjangan pengamatan, ketekukan pengamatan, dan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Proses penentuan metode menghafal dilakukan guru secara individu di rumah yang bertujuan memudahkan siswa ketika pembelajaran berlangsung serta tidak ada satu teknik khusus yang digunakan ketika menggunakan metode menghafal. (2) Pelaksanaan pembelajaran menggunakan Teknik menghafalkan materi melalui cara mengulang-ulang bacaan (Tikrar) dan bergantian menghafalkan dengan cara disimak atau didengarkan teman sebangku (tasmi’). (3) Evaluasi melalui Ulangan Harian, ujian tengah semester, PAT (Penilaian Akhir Tahun) dan PAS (Penilaian Akhir Semester). Guru melakukan kegiatan evaluasi sendiri dan Evaluasi juga dilaksanakan Ketika pembelajaran berlangsung dilakukan dengan cara memberikan pertanyaan ringan kepada siswa diawal pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah
Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193128 Muhammad Anshori
Date Deposited: 30 Oct 2023 03:19
Last Modified: 30 Oct 2023 03:19
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41413

Actions (login required)

View Item View Item