DWI NURMAYANTI, 12204193148 (2023) PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PENINGKATAN SELF-EFFICACY DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII MTsN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (622kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (231kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (259kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (291kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (647kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (826kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (13kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika banyak kita temukan rendahnya pemahaman siswa terhadap konsep matematika. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa hal, diantaranya yakni karena rendahnya Self-efficacy dan komuikasi matematis siswa. rendahnya Self-efficacy menjadikan siswa kekurangan dukungan terhadap minat belajarnya. Sedangkan rendahnya komunikasi matematis siswa menjadikan siswa tidak memahami dengan baik konsep matematika. Salah satu alternatif yang dapat dipakai dalam peningkatan Self-efficacy dan juga komunikasi matematis adalah meggunakan model Discovery Learning. Hal ini karena Discovery Learning merupakan model pembelajaran yang melatih siswa untuk menemukan hipotesis jawaban sendiri berdasarkan hasil observasi terhadap suatu masalah sehingga siswa mampu aktif dan kegiatan pembelajaran lebih bermakna. Dengan demikian model Discovery Learning diasumsikan dapat meningkatkan Self-efficacy dan komunikasi matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap peningkatan Self-efficacy siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. 2) Mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap peningkatan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. 3) Mengetahui pengaruh model Discovery Learning terhadap peningkatan Selfefficacy dan komunikasi matematis siswa kelas VIII MTsN 8 Tulungagung. Pedekatan pada penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan Jenis penelitian eksperimen. Kemudian desain penelitian yang peneliti gunakan adalah quasi-eksperimental design dengan rancangan post-test only non-equivalent control group desaign. Sampel yang peneliti gunakan adalah 2 kelas, yakni kelas F yang bejumlah 24 sebagai kelas eksperimen da kelas E yang berjumlah 24 sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan angket. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji MANOVA (Multivariate Analysis of Varians). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) ada pengaruh model Discovery Learning terhadap Self-efficacy siswa kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung 2) ada pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap komunikasi matematis siswa kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung 3) ada pengaruh model Discovery Learning terhadap self-efficacy dan komunikasi matematis siswa kelas VIII di MTsN 8 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Matematika |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | 12204193148 DWI NURMAYANTI |
Date Deposited: | 26 Oct 2023 02:11 |
Last Modified: | 26 Oct 2023 02:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41448 |
Actions (login required)
View Item |