PENGARUH KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMAN 1 NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SITI NUR HASANAH, 2811123026 (2016) PENGARUH KINERJA GURU DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMAN 1 NGUNUT KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (376kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (69kB)
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (13kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RUJUKAN.pdf

Download (59kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Kinerja Guru dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMAN 1 Ngunut, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016”, ini ditulis oleh Siti Nur Hasanah, NIM. 2811123026. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. H. Prim Masrokan Muthohar, M.Pd, NIP. 19720608 200212 1 001. Kata Kunci: Kinerja Guru, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dikelas harus dijalankan dengan efektif agar dapat menunjukkan kinerja yang produktif. Kinerja guru berpengaruh untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Oleh karena itu tidak berlebihan kalau dikatakan bahwa kinerja guru merupakan salah satu faktor yang menentukan akan tercapainya suatu tujuan proses pembelajaran, ketika kinerja guru itu baik maka prestasi belajar akan tinggi. Begitu juga dengan motivasi, seseorang akan melakukan suatu perbuatan betapapun beratnya jika ia mempunyai motivasi. Motivasi dapat memberikan dorongan untuk bertingkah laku dan memberikan arah dalam belajar, motivasi merupakan keinginan yang perlu untuk dipenuhi dan timbul apabila ada rangsangan. Oleh karena itu, bagi seorang siswa motivasi dalam belajar pada umumnya timbul karena adanya rangsangan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1). Bagaimana gambaran umum tentang Kinerja Guru, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam? (2). Adakah Pengaruh kinerja guru terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Negeri 1 Ngunut, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016? (3). Adakah Pengaruh Motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Negeri 1 Ngunut, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016? (4). Adakah Pengaruh secara bersama-sama antara kinerja guru dan motivasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Negeri 1 Ngunut, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan hubungan kinerja guru dan motivasi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) SMA Negeri 1 Ngunut, Kabupaten Tulungagung Tahun Pelajaran 2015/2016 dan seberapa signifikan keadaan hubungan tersebut. Agar tujuan penelitian bisa tercapai maka dalam penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif, penelitian ini ditujukan untuk mengetahui pengaruh suatu variabel dengan variabel-variabel lain. Dengan populasi siswa SMAN 1 Ngunut tahun pelajaran 2015-2016, yang terdiri dari 1000 siswa. Dengan teknik sampling proportionate stratified random sampling diperoleh sampel: 188 siswa. Variabel bebas: Kinerja Guru dan motivasi belajar. Variabel terikat: Prestasi belajar PAI. Sumber data: Responden dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data: angket dan dokumentasi. Teknik analisis data: uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, dan regresi ganda dengan bantuan SPSS for Windows 21.0. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Adanya kecenderungan kinerja guru yang baik dan motivasi belajar yang tinggi dalam pengaruh prestasi belajar PAI siswa SMAN 1 Ngunut. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kinerja guru terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMAN 1 Ngunut. Dari hasil analisis data pada taraf interval 5% menunjukkan bahwa t-hitung kinerja guru = 5,009 lebih besar dari t-tabel = 1,792. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMAN 1 Ngunut yang ditunjukkan oleh t-hitung motivasi belajar = 1,984 lebih besar dari t-tabel = 1,792. (4) Ada pengaruh yang positif lagi signifikan antara kinerja guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PAI siswa di SMAN 1 Ngunut yang ditunjukkan oleh nilai F tabel = 14,922.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 2811123026 SITI NUR HASANAH
Date Deposited: 05 Dec 2016 04:05
Last Modified: 05 Dec 2016 04:05
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/4155

Actions (login required)

View Item View Item