PENGARUH MEDIA KORAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR

AHMAD KAMALUDDIN, 12210193064 (2023) PENGARUH MEDIA KORAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUALLIMIN WONODADI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER .pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (237kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (252kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (224kB)

Abstract

Kamaluddin, Ahmad. 2023. Pengaruh Media Koran terhadap Kemampuan Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Skripsi, Tadris bahasa Indonesia, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Pembimbing oleh Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata Kunci : Media Koran, Kemampuan Menulis, Teks Berita Penelitian ini dilandasi oleh kurang optimalnya penggunaan media pembelajaran di SMP Muallimin Wonodadi Blitar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia khususnya pada materi teks berita. Pendidik hanya sebatas menggunakan buku LKS yang didalamnya berisi ringkasan materi dan latihan soal yang diberikan kepada siswa. Pendidik belum menerapkan media yang menarik dalam melakukan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran teks berita merupakan salah satu kompetensi yang wajib dipelajari pada jenjang SMP/MTs. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni, bagaimana pengaruh media koran terhadap kemampuan menulis teks berita pada siswa SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Berdasarkan rumusan masalah diatas, maka dikemukakan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh penggunaan media koran terhadap hasil menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian pre eksperimental. Bentuk eksperimen yang digunakan adalah one group pre-test post-test design. Pre-test dilakukan sebelum diberikan perlakuan dengan menggunakan media koran. Sedangkan pos-test dilakukan setelah adanya perlakuan menggunakan media koran. Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muallimin Wonodadi Blitar berjumlah 30 siswa, data yang dikumpulkan dengan menggunakan tes dianalisa menggunakan uji T. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil belajar siswa sebelum diberikan perlakuan menggunakan media koran diperoleh 6,5 dan rata-rata hasil belajar siswa setelah perlakuan menggunakan media koran diperoleh rata-rata 9,2. Dengan ini menyatakan bahwa media koran berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita.

Item Type: Skripsi
Subjects: Bahasa Dan Sastra > Bahasa Indonesia
Bahasa Dan Sastra > Literasi
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 12210193064 AHMAD KAMALUDDIN
Date Deposited: 14 Nov 2023 08:22
Last Modified: 14 Nov 2023 08:22
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41551

Actions (login required)

View Item View Item