UPAYA GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PESERTA DIDIK DI SMAN 1 NGADILUWIH KEDIRI

FITRIA TAHTA ALFIANITA, 12201193316 (2023) UPAYA GURU PAI DALAM MENGEMBANGKAN NILAI AGAMA DAN MORAL PESERTA DIDIK DI SMAN 1 NGADILUWIH KEDIRI. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (972kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (677kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (392kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (671kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (751kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (352kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Upaya Guru PAI dalam Mengembangkan Nilai Agama dan Moral Pada Peserta didik di SMAN 1 Ngadiluwih Kediri” ini ditulis oleh FITRIA TAHTA ALFIANITA, NIM.12201193316, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universita Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci : Upaya Guru, Nilai Agama, Moral Pendidikan di indonesia cukup hangat di perbincangkan, bukan mengacu pada prestasi melainkan banyaknya fenomena-fenomena yang cukup memprihatinkan. Banyaknya fenomena yang akhir-akhir ini membuat masyarakat khawatir, seperti turunnya sikap moral serta banyaknya kasus pembunuhan pada kalangan remaja. Dalam hal ini keluarga dan guru sangat diperlukan guna membentuk sikap yang baik dan terarah. Keluarga adalah pendidikan pertama yang dapat membentuk sikap dan kepribadian seorang anak. Yang kedua pendidikan formal yaitu dilingkungan sekolah. Guru juga merupakan orangtua di sekolah, seorang guru bertanggung jawab untuk membimbing dan mendidik anak di lingkungan sekolah. Guru harus memiliki jiwa yang baik untuk dapat menjadi teladan bagi peserta didik. Diharapkan peserta didik akan memiliki akhlakul karimah yang baik juga. Berdasarkan dari fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di SMAN 1 Ngadiluwih Kediri sebagai objek penelitian yang memiliki nilai karakter yang baik. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana upaya guru pai dalam mengembangkan nilai agama pada peserta didik di SMAN 1 Ngadiluwih Kediri?, 2) Bagaimana upaya guru pai dalam mengembangkan moral pada peserta didik di SMAN 1 Ngadiluwih Kediri?, 3) Bagaimana upaya guru pai dalam menangani degradasi moral pada peserta didik di SMAN 1 Ngadiluwih Kediri?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru pai dalam mengembangkan nilai agama dan moral serta dalam menangani degradasi moral pada peserta didik di SMAN 1 Ngadiluwih Kediri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkat teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Didalam pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) upaya guru pai dalam mengembangkan nilai agama yaitu dengan cara melalui pembiasaan seperti membaca Al-Qur’an sebelum memulai pembelajaran, membiasakan berbahasa yang halus dan sopan, berdoa sebelum pembelajaran dan memberikan hukuman dengan melalui hafalan doa tertentu atau surah pilihan, melaksanakan sholat dhuhur berjamaah, melaksanakan sholat jumat. 2) upaya guru pai dalam mengembangkan moral yaitu dengan memberikan contoh yang baik yang bertujuan agar peserta didik juga dapat berperilaku yang baik, pembiasaan dengan berbahasa jawa halus, membiasakan menyapa dengan kata “monggo, mari, atau salam”, memberikan nasihat serta motivasi, menegaskan kedisiplinan, menanamkan sikap saling menghormati dan menghargai dalam perbedaan, mengadakan evaluasi individu. 3) upaya guru pai dalam menangani degradasi moral yaitu dengan lebih mendekatkan diri antara guru dengan peserta didik, memberikan ketegasan bagi peserta didik yang mengalami degradasi moral, memberikan arahan yang memimpin, serta memberikan ketegasan kepada peserta didik yang mengalami degradasi moral.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Guru
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193316 FITRIA TAHTA ALFIANITA
Date Deposited: 06 Nov 2023 03:58
Last Modified: 06 Nov 2023 03:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41563

Actions (login required)

View Item View Item