PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI NURUL JADID

M. KHOLIQ NASRUL UMAM, 17205163193 (2023) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI MI NURUL JADID. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (716kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (232kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (409kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (316kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (236kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di MI Nurul Jadid” ini ditulis oleh M. Kholiq Nasrul Umam, NIM 17205163193, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Adi Wijayanto, S.Or., S.Kom., M.Pd., AIFO. Kata Kunci : Motivasi Belajar dan Hasil Belajar. Latar Belakang ini adalah motivasi belajar bagi peserta didik sangatlah penting terhadap hasil belajar peserta didik, dimana dalam setiap kegiatan pembelajaran motivasi belajar berperan penting untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran tertentu. Siswa yang bermotivasi tinggi dalam belajar memungkinkan akan memperoleh hasil belajar yang tinggi pula, artinya semakin tinggi motivasinya, akan semikin besar pula intensitas usaha untuk meningkatkan keberhasilan dalam belajar sehingga mencapai keberhasilan yang memuaskan. Tujuan dalam penelitian ini, yaitu: (1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di MI Nurul Jadid. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V MI Nurul Jadid. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar terhaadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas V di MI Nurul Jadid. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian expost facto. Penelitian expost facto dipilih karena penulis bermaksud mencari pengaruh variable bebas terhadap variable terikat. Penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh (Total Population), dimana populasi penelitian ini adalah siswa kelas V MI Nurul Jadid sebanyak 31 siswa, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Adapun uji yang digunakan dalam penelitian ini antara lain uji instrumen, uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) motivasi belajar pada siswa kelas V MI Nurul Jadid dalam kategori baik. (2) Hasil belajar yang dicapai siswa sudah baik terlihat dari adanya perolehan nilai rata-rata hasil belajar siswa kelas V yang sudah berada di atas KKM 70 pada mata pelajaraan matematika. (3) Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan melalui uji t-test, Jika nilai sig. < 0,05 yaitu 0,002 < 0,05 maka variabel X yaitu motivasi belajar berpengaruh terhadap Y yaitu hasil belajar. Jadi ada perbedaan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di MI Nurul Jadid.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Hasil Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163193 M. KHOLIQ NASRUL UMAM
Date Deposited: 02 Nov 2023 07:35
Last Modified: 02 Nov 2023 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41682

Actions (login required)

View Item View Item