HIDAYATUL MUBAROKAH, 12209193015 (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI KELAS X IPS MELALUI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) DI MA MA’ARIF PONGGOK BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (722kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (205kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (253kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Geografi Kelas X IPS Melalui Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) di MA Ma’arif Ponggok Blitar” ini ditulis oleh Hidayatul Mubarokah, NIM 12209193015, di bimbing oleh Ibu Nur Isroatul Khusna, M.Pd., NIP.198703262019032018 Kata Kunci: Upaya guru, Persepsi, Keaktifan Siswa, LKPD Upaya guru merupakan tindakan yang dilakukan oleh seorang guru untuk mencapai sesuatu tujuan yang sudah direncanakan. Sedangkan keaktifan siswa merupakan suatu kondisi atau aktivitas yang dilakukan siswa. Media pembelajaran LKPD merupakan lembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana langkah-langkah guru membuat lembar kerja peserta didik (LKPD) sebagai upaya guru dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran geografi kelas X IPS di MA Ma’arif Pongok Blitar,(2) Bagaimana persepsi guru tentang penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran geografi di MA MA’ARIF Ponggok Blitar (3) Bagaimana persepsi siswa tentang penggunaan lembar kerja peserta didik (LKPD) untuk meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran geografi di MA Ma’arif Pongok Blitar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah sebagaimana sudah di jabarkan pada fakus penelitian diatas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi partisipan, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan teknik triagulasi meningkatkan ketekunan, perpanjangan pengamatan, dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) langkah-langkah guru dalam membuat LKPD dengan menyiapkan judul, kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, tujuan pembelajaran, waktu penyelesaian LKPD, penilaian, menuliskan petunjuk LKPD, menuliskan alat dan bahan LKPD, menjelaskan langkah-langkah, dan penyimpulan. Pembelajaran geografi menggunakan LKPD menjadikan siswa lebih aktif dalam berdiskusi dimana siswa bebas menyampaikan pendapat hasil diskusi dengan presentasi. (2) persepsi guru dalam pengunaan LKPD sebagai upaya meningkatkan keaktifan siswa dapat dilihat dari pemecahan masalah, kerja sama, mengeluarkan ide, perhatian dan disiplin. (3) persepsi siswa tentang guru menggunakan LKPD dalam pembelajaran geografi mendapat dukungan dari siswa, dimana siswa mengungkapkan dalam pelaksanaan pembelajaran didalam kelas guru telah melakukan dengan sangat baik, dalam membuka pelajaran,kegitan inti, serta menutup pelajaran. bisa menjadikan siswa lebih mudah dalam memahami materi yang disampaikan. Pandangan ini didasari oleh peneliti dalam mengikuti pembelajaran selama observasi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pembelajaran Pendidikan > Pembelajaran Pendidikan > Strategi Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193015 HIDAYATUL MUBAROKAH |
Date Deposited: | 06 Nov 2023 04:02 |
Last Modified: | 06 Nov 2023 04:02 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41726 |
Actions (login required)
View Item |