STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MI ISLAMIYAH SLUMBUNG GANDUSARI BLITAR

SILVIA EKA SAPUTRI, 12205193285 (2023) STRATEGI GURU DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI RELIGIUS MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI MI ISLAMIYAH SLUMBUNG GANDUSARI BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (516kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (515kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (256kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Strategi Guru, Penanaman Nilai-nilai Religius, Ekstrakurikuler Pramuka. Strategi Guru selain digunakan pada saat pembelajaran kelas, strategi guru juga digunakan dalam menanamkan suatu nilai karakter siswa. Melalui era yang serba digital saat ini menjadi sebuah tantangan bagi guru untuk mampu menanamkan karakter siswa terutama pada karakter religius. Hal ini dikarenakan era digital membuat kebanyakan siswa mengalami degradasi moral. Untuk mengatasi hal demikian tadi guru berupaya melakukan pembenahan atau penanaman karakter religius melalui kegiatan yang seru dan mampu memberikan pengalanan di lapangan yaitu kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Dalam hal ini peneliti menghubungkan antara strategi guru dalam menanamkan nilai-nilai religius melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka di MI Islamiyah Slumbung Gandusari Blitar. Pertanyaan dalam penelitian ini, yaitu : 1) Bagaimana Strategi Guru dalam Penanaman Nilai-nilai Religius Aspek Aqidah melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MI Islamiyah Slumbung Gandusari Blitar?, 2) Bagaimana Strategi Guru dalam Penanaman Nilai-nilai Religius Aspek Syari’ah melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MI Islamiyah Slumbung Gandusari Blitar?, 3) Bagaimana Strategi Guru dalam Penanaman Nilai-nilai Religius Aspek Akhlak melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MI Islamiyah Slumbung Gandusari Blitar? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus guna meneliti suatu fenomena yang terjadi di lokasi penelitian. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan pengecekan keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi, diantaranya triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Strategi Guru dalam Penanaman Nilai-nilai Religius Aspek Aqidah melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MI Islamiyah Slumbung Gandusari Blitar adalah dengan pembiasaan berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan ekstrakurikuler pramuka, peneladanan segera menjalankan ibadah tepat waktu, dan pemberian materi tentang rukun iman dan rukun islam. 2) Strategi Guru dalam Penanaman Nilai-nilai Religius Aspek Syari’ah melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MI Islamiyah Slumbung Gandusari Blitar adalah dengan peneladanan ibadah shalat berjamaah baik wajib maupun sunnah, strategi kooperatif, dan strategi pemberian nasehat. 3) Strategi Guru dalam Penanaman Nilai-nilai Religius Aspek Akhlak melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di MI Islamiyah Slumbung Gandusari Blitar adalah dengan pembiasaan sikap percaya diri, strategi peneladanan bersikap sopan santun, strategi pemberian nasehat atau kultum, strategi pemberian hukuman, dan strategi pemberian reward.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193285 SILVIA EKA SAPUTRI
Date Deposited: 28 Nov 2023 04:08
Last Modified: 28 Nov 2023 04:08
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41740

Actions (login required)

View Item View Item