Anharul Machfudz, 129501203004 (2023) KEPEMIMPINAN PROFETIK KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA WARGA SEKOLAH (Studi Multisitus di SMA Assa’adah Gresik dan SMA Kanjeng Sepuh Gresik). [ Disertasi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Download (499kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (283kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (459kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (426kB) | Preview |
Abstract
Kepemimpinan merupakan kekuatan aspirasional, kekuatan semangat, dan kekuatan moral yang kreatif yang mampu mempengaruhi para anggota untuk mengubah sikap, sehingga mereka menjadi konform dengan visi, misi dan tujuan yang telah ditetapkan bersama. Ketiadaan kepemimpinan akan berdampak pada ketidakteraturan dan ketidakefektifan dalam mencapai visi, misi dan tujuan bersama tersebut. Begitu pula dalam Islam, kepemimpinan dipandang sebagai sarana (washilah) dalam menegakkan syari’at Islam di Bumi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menemukan dan menganalisis kepala sekolah dalam membimbing, memberikan pengayoman serta menjadi pelopor bagi warga sekolah dalam meningkatkan motivasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, obserpasi partisipan dan dokumentasi. Analsis data menggunakan analisi datas situs tunggal dan analisis data lintas situs. Teknik keabsahan data menggunakan credibility, transferability, dependability dan confirmability. Hasil dalam penelitian ini adalah: (1) Pembimbingan kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi warga sekolah dilakukan melalui: (a) memberikan kesempatan kepada setiap tenaga pendidik dan kependidikan untuk unjuk diri (show off), meningkatkan kualitas diri secara berkelanjutan dan memberi apresiasi secara proporsional. (b) membantu tenaga pendidik dan kependidikan untuk menemukan motivasi bekerja yang tidak hanya sekadar materi, melainkan untuk untuk mengaktualisasikan diri dan ber-khidmah (c) memberdayakan (empowering) tenaga pendidik dan kependidikan, (d) memberi kesempatan kepada tenaga pendidik dan kependidikan untuk memberi dampak, mengatasi tantangan dan berkontribusi atau memberi kemanfaatan pada orang lain. (2) Pengayoman kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi warga sekolah dilakukan melalui: (a) menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan kondusif. (b) Menciptakan budaya kerja yang efektif, efisien dan produktif. (c) membangun pola komunikasi yang egaliter,suportif dan transformatif. (d) membangun relasi yang responsif dan empati. (3) Kepeloporan kepala sekolah untuk meningkatkan motivasi warga sekolah dilakukan melalui: (a) memiliki visi kepempimpinan yang tajam, jauh dan jernih (b) terus melakukan terobosan dan inovasi untuk membuat pekerjaan lebih efektif dan efisien, (c) berani mengambil resiko dan tanggung jawab.
Item Type: | Disertasi |
---|---|
Subjects: | Kepemimpinan Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > Disertasi > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 126211201005 Tazkia Kamilia Wardah |
Date Deposited: | 08 Nov 2023 11:41 |
Last Modified: | 08 Nov 2023 11:41 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41765 |
Actions (login required)
View Item |