CINDY KHOIRUL KHUSNA, 12209193123 (2023) PENGEMBANGAN PETA DIGITAL TEMPAT BERSEJARAH KABUPATEN TULUNGAGUNG UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPS DI SMAN 1 NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (752kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (271kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (310kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (920kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (208kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Pengembangan Peta Digital Tempat Bersejarah Kabupaten Tulungagung untuk Meningkatkan Minat Belajar IPS di SMAN 1 Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Cindy Khoirul Khusna, NIM. 12209193123, Pembimbing Dita Hendriani, M.A., NIP.197912202014032001 Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelajaran, Peta Digital, Tempat Bersejarah Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran sejarah. Berdasarkan observasi yang dilakukan di Kelas X IPS SMA Negeri 1 Ngunut, menunjukkan bahwa ketika pembelajaran berlangsung, banyak siswa yang ramai, kurang memperhatikan bahkan sampai mengantuk. Selain itu banyak dari peserta didik yang masih belum memahami sejarah lokal di daerahnya. Sehingga perlu dirancang proses pembelajaran yang menyenangkan, salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran yang memanfaatkan kecanggihan teknologi. Oleh karena itu, peneliti mengembangkan media pembelajaran peta digital yang diharapkan dapat meningkatkan minat belajar siswa terhadap sejarah. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengembangan peta digital tempat bersejarah Kabupaten Tulungagung sebagai media ajar untuk meningkatkan minat belajar IPS di SMA Negeri 1 Ngunut? (2) Bagaimana tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan penggunaan peta digital tempat bersejarah di Tulungagung sebagai media ajar untuk meningkatkan minat belajar IPS di SMA Negeri 1 Ngunut? (3) Bagaimana peningkatan minat peserta didik setelah penggunaan peta digital tempat bersejarah Kabupaten Tulungagung sebagai media pembelajaran?. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan minat belajar siswa pada pelajaran IPS terutama sejarah dan lebih mengetahui sejarah lokal di Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan mengadaptasi model dari Borg and Gall, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, validasi produk, revisi produk, uji coba produk, penyempurnaan akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, tes dan angket. Data yang diperoleh peneliti berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif berasal dari hasil observasi dan wawancara, sedangkan data kuantitatif berasal dari hasil angket dan nilai tes. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan minat siswa terhadap pelajaran sejarah. Hal ini berdasarkan hasil angket respon siswa sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran menggunakan Paired Samples Test diperoleh nilai sig. (2-tailed) = 0,005. Karena sig. (2-tailed) kurang dari taraf signifikan = 0,05 yaitu 0,005 < 0,05 maka H1 diterima dan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan minat belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Bahan Ajar Pendidikan > Minat Belajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193123 CINDY KHOIRUL KHUSNA |
Date Deposited: | 13 Nov 2023 03:19 |
Last Modified: | 13 Nov 2023 03:19 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41869 |
Actions (login required)
View Item |