DESAIN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK SMPN 1 SUMBERGEMPOL

NABILA AMALIA, 12201193195 (2023) DESAIN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KEGIATAN KEAGAMAAN PADA PESERTA DIDIK SMPN 1 SUMBERGEMPOL. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (347kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (13kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang berjudul “Desain Kurikulum Pendidikan Agama Islam Dalam Pengembangan Kegiatan Keagamaan Pada Peserta Didik SMPN 1 Sumbergempol” ini ditulis oleh Nabila Amalia, NIM 12201193195 Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, UIN Sayyid Ali Rahmatullah. Pembimbing Bapak Dr. H. M. Muntahibun Nafis, M.Ag. Kata Kunci : Kurikulum, Pendidikan Agama Islam (PAI) , Kegiatan Keagamaan Penelitian ini dilatar belakangi untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan keagamaan di SMPN 1 Sumbergempol yang mana merupakan salah satu sekolah berbasis umum yang memiliki banyak kegiatan keagamaan. Melalui kurikulum Pendidikan Agama Islam diharapkan peserta didik mampu mengembangkan melalui kegiatan keagamaan yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Kegiatan keagamaan tersebut terdiri dari dua bagian yang pertama ada didalam kelas seperti penambahan jam mata pelajaran agama islam yang digunakan untuk belajar membaca, menulis Al-Qur’an selain itu bagi peserta didik yang sudah bisa digunakan untuk menghafal surat-surat pendek yang kedua kegiatan keagamaan yang ada diluar kelas seperti, PHBI (peringatan hari besar islam), sholat jum’at, sholat dzuhur berjamaah, sholat dhuha, dsb. Dengan adanya kegiatan keagamaan di sekolah diharapkan memberikan pengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Skripsi ini memiliki beberapa rumusan masalah yaitu : 1) Bagaimana Bentuk Kurikulum Pendidikan Agama Islam dalam Pengembangan Kegiatan Keagamaan Pada Peserta Dididk di SMPN 1 Sumbergempol? 2) Bagaimana Proses dari Pengembangan Kegiatan Keagamaan Peserta Didik SMPN 1 Sumbergempol? 3) Bagaimana Implikasi dari Pengembangan Kegiatan Keagamaan Peserta Didik SMPN 1 Sumbergempol? Pendekatan yang digunakan peneliti dalam skripsi ini adalah pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di SMPN 1 Sumbergempol Tulungagung dengan subjek peserta didik SMPN 1 Sumbergempol. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah pedoman wawancara, dan pedoman observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dapat dilihat dari keterpercayaan meliputi trianggulasi, pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi, dan perpanjangan kehadiran. Hasil penelitian ini dapat dideskripsi bahwa 1) bentuk dari kurikulum PAI dalam pengembangan kegiatan keagamaan yaitu, merancang kurikulum PAI dan dikembangkan melalui kegiatan keagamaan baik diluar kelas maupun diluar kelas 2) proses pengembangan kegiatan keagamaan di SMPN 1 Sumbergempol dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu melihat kondisi peserta didik, upaya dalam mengembangkan kegiatan keagamaan, dan strategi yang digunakan. 3) implikasi kegiatan keagamaan terhadap peserta didik yaitu membantu peserta didik untuk memberikan ruang belajar keagamaan bukan hanya didalam kelas tetapi bisa untuk belajar diluar kelas, selain siswa memperoleh ilmu pengetahuan keagamaan melainkan mereka juga bisa langsung mengaplikasikannya dengan melalui membiasakan diri dalam melakukan kegiatan sehari-hari sesuai dengan ajaran Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Efektivitas Pembelajaran
Pendidikan > Manajemen Pembelajaran
Pendidikan > Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 12201193195 NABILA AMALIA
Date Deposited: 14 Nov 2023 07:06
Last Modified: 14 Nov 2023 07:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41930

Actions (login required)

View Item View Item