STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) SISWA DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG

CINDY RIYANA SARI, 12205193084 (2023) STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL (SOCIAL SKILL) SISWA DI MI PODOREJO SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (664kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Guru Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial (Social Skill) Siswa di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung)”ini ditulis oleh Cindy Riyana Sari, NIM. 12205193084, pembimbing Ali Amirul Mu’minin, M.Pd. Fenomena kasus bullying atau perundungan kerap terjadi di lingkup sekolah dasar dan merupakan salah satu bentuk penyimpangan interaksi sosial. Fenomena bullying dapat berdampak pada perkembangan akademik siswa serta memiliki pengaruh besar pada masa depan siswa. Salah satu faktor penyebab terjadinya bullying dikarenakan rendahnya keterampilan sosial yang dimiliki siswa. kemenarikan penelitian ini yaitu guru menerapkan startegi pembelajaran yang dapat membangkitakan keterampilan sosial siswa untuk mereduksi kasus bullying. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan keterampilan sosial (social skill) kerjasama siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (2) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan keterampilan sosial (social skill) mengontrol diri siswa MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung? (3) Bagaimana strategi guru dalam mengembangkan keterampilan sosial (social skill) komunikasi siswa MI Podorejo Sumbergempol Tuluangagung?. Pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang mengarah pada bentuk penyelesain kasus yang diteliti. Pengumpulan data didapat melalui kegiatan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap analisis data penelitian melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data melalui triangulasi yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, (1) strategi guru dalam mengembangkan keterampilan kerjasama siswa di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung yaitu dengan penekanan pembiasaan piket harian, kegiatan berdiskusi serta penggunaan pendekatan pembelajaran Cooperative Learning yang disesuaikan dengan keadaan kelas, (2) strategi guru dalam mengembangkan keterampilan mengontrol diri siswa di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung yaitu dengan penekanan pembiasaan sehari-hari yang bersifat spiritual seperti membaca Al-Qur’an setiap pagi, membaca Asmaul Husna, membaca Yasin dan Tahlil setiap hari Jum’at. Guru juga memiliki strategi diluar kegiatan pembelajaran seperti kegiatan refreshing yang dilakukan setiap awal semester yaitu kegiatan memasak berama, (3) strategi guru dalam mengembangan keterampilan komunikasi siswa di MI Podorejo Sumbergempol Tulungagung yaitu dengan penekanan pada pembiasaan berbahasa Indonesia dan meningkatkan kepercayaan diri siswa ketika berbicara di depan umum dengan memberikan apresiasi dan motivasi kepada siswa

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205193084 CINDY RIYANA SARI
Date Deposited: 15 Nov 2023 06:50
Last Modified: 15 Nov 2023 06:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41947

Actions (login required)

View Item View Item