ARYN YULIA MARASIKANA, 12206193097 (2023) PENERAPAN KEGIATAN UBUDIYAH UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS PADA ANAK USIA DINI DI RA PLUS SUNAN PANDANARAN PAPUNGAN KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (310kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (836kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (347kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (980kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (3MB) |
Abstract
Skripsi dengan judul “Penerapan Kegiatan Ubudiyah untuk Membentuk Karakter Religius pada Anak Usia Dini di RA Plus Sunan Pandanaran Papungan Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Aryn Yulia Marasikana, NIM 12206193097, pembimbing Ikfi Khoulita, M.Pd.I. Kata Kunci : Penerapan, Kegiatan Ubudiyah, Nilai Religius Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penerapan kegiatan ubudiyah kepada anak usia dini untuk membentuk suatu karakter religius kepada anak usia dini. Penerapan yang baik dan tepat akan mempengaruhi sikap anak di dalam kehidupan sehari-hari. Seperti Halnya pembelajaran dan pembiasaan yang dilakukan di RA Plus Sunan Pandanaran Papungan Kanigoro Blitar. Setiap hari dilaksanakan pembiasaan salam, sholat dhuha, membaca Al-Qur’an, sholawat nabi, hafalan hadits, istighosah, saling tolong menolong, menerapkan kedisiplinan, bertutur kata dengan baik sopan dan jujur. Hal tersebut dapat memberikan suatu perkembangan sikap yang baik kepada anak-anak di RA Plus Sunan Pandanaran Papungan Kanigoro Blitar untuk selalu membiasakan diri dengan memiliki sikap yang berakhlakul karimah. Fokus penelitian ini adalah : (1) bagaimana perencanaan kegiatan ubudiyah dalam penanaman nilai religius pada siswa di RA Plus Sunan Pandanaran Papungan Kanigoro Blitar?. (2) bagaimana pelaksanaan kegiatan ubudiyah dalam penanaman nilai religius pada siswa di RA Plus Sunan Pandanaran Papungan Kanigoro Blitar?. (3) bagaimana evaluasi kegiatan ubudiyah dalam penanaman nilai religius pada siswa di RA Plus Sunan Pandanaran Papungan Kanigoro Blitar?. Penelitian yang penulis lakukan termasuk kedalam penelitian kualitatif, jenis penelitian deskriptif, lokasi penelitian di RA Plus Sunan Pandanaran Papungan Kanigoro Blitar,sumber data mencakup Kepala Sekolah dan Guru Kelas dengan metode pengumpulan data yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data menggunakan pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data menggunakan ketekunan, triangulasi, teman sejawat. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa: (1) dalam perencanaan kegiatan ubudiyah adalah untuk membentuk siswa yang memiliki sikap berakhlakul karimah serta memiliki nilai religius. (2) pelaksanaan kegiatan ubudiyah mencakup : sholat dhuha, membaca Al-Qur’an, dan istighosah (3) evaluasi yang dilakukan dengan melakukan penilaian harian, mingguan, tengah semester, akhir semester, terdapat juga buku penghubung orang tua dengan siswa dan raport.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Anak |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal |
Depositing User: | 12206193097 ARYN YULIA MARASIKANA |
Date Deposited: | 15 Nov 2023 04:11 |
Last Modified: | 15 Nov 2023 04:11 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/41962 |
Actions (login required)
View Item |