PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI RIYADLATUL UQUL NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI

MAULINA TRI HANDAYANI, 12205173251 (2023) PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING SELAMA PANDEMI COVID-19 TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MI RIYADLATUL UQUL NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (354kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (405kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (178kB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (78kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Motivasi Orang Tua dalam Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19 terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa MI Riyadlatul Uqul Ngadiluwih Kabupaten Kediri” ini ditulis oleh Maulina Tri Handayani, NIM. 12205173251, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Pembimbing: Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata kunci: Motivasi, Motivasi Orang Tua, Minat Belajar, dan Prestasi Belajar Penelitian ini dilatar belakangi oleh keadaan pandemi COVID-19 yang berdampak terhadap dunia pendidikan. Hal ini mengakibatkan siswa dan guru mengadakan pembelajaran daring di rumah. Selama pembelajaran daring, anak sering tidak fokus terhadap pembelajaran karena lingkungan keluarga yang bebas dan kurangnya kesadaran orang tua terhadap pemberian motivasi untuk mendukung proses kegiatan belajar anak. Anak yang mendapatkan motivasi dari orang tua akan memiliki minat belajar yang tinggi sehingga berdampak terhadap prestasi belajar dalam bentuk nilai yang meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Adakah pengaruh motivasi orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 terhadap minat belajar siswa MI Riyadlatul Uqul Ngadiluwih Kabupaten Kediri? (2) Adakah pengaruh motivasi orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID- 19 terhadap prestasi belajar siswa MI Riyadlatul Uqul Ngadiluwih Kabupaten Kediri? (3) Adakah pengaruh secara bersama-sama motivasi orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 terhadap minat dan prestasi belajar siswa MI Riyadlatul Uqul Ngadiluwih Kabupaten Kediri? Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik sampling menggunakan sampling purposive. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MI Riyadlatul Uqul Ngadiluwih dengan sampel seluruh siswa kelas V yang berjumlah 43 siswa. Analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji manova. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID- 19 terhadap minat belajar siswa MI Riyadlatul Uqul Ngadiluwih Kabupaten Kediri, dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,031 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 terhadap prestasi belajar siswa MI Riyadlatul Uqul Ngadiluwih Kabupaten Kediri, dibuktikan dengan nilai sig. (2-tailed) adalah 0,027 < 0,05. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi orang tua dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 terhadap minat dan prestasi belajar siswa MI Riyadlatul Uqul Ngadiluwih Kabupaten Kediri, dibuktikan dengan nilai uji Manova dengan nilai signifikasi Pillai’s Trace, Wilks Lambda, Hotelling’s Trace, Roy’s Largest Root adalah 0,000 dimana 0,000 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Daring
Pendidikan > Minat Belajar
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 12205173251 MAULINA TRI HANDAYANI
Date Deposited: 17 Nov 2023 02:55
Last Modified: 17 Nov 2023 02:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42015

Actions (login required)

View Item View Item