KHOLIFATUS SUIDAH KHOIRIYAH, 12201183195 (2023) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS NEGERI 9 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (988kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (380kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (306kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (211kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Upaya Guru dalam Meningkatkan Karakter Religius Peserta Didik Kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar” ini ditulis oleh KHOLIFATUS SUIDAH KHOIRIYAH, NIM. 12201183195, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah (SATU) Tulungagung yang dibimbing oleh Ibu Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I Kata Kunci : Upaya Guru, Karakter Religius Pendidikan merupakan suatu hal yang sangat penting dan wajib diperoleh bagi semua orang, terutama bagi peserta didik. Sama hal nya dengan pendidikan karakter yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di zaman sekarang ini yang masih banyak sekali remaja yang sopan santunnya kurang baik dan perilaku ibadahnya juga sangat kurang. Sehingga, sebagai seorang pendidik yang bertugas untuk mencerdaskan anak bangsa serta membentuk karakter religius yang baik, maka diperlukan upaya untuk meningkatkan karakter religius peserta didiknya. Dengan demikian, diharapkan peserta didik akan memiliki akhlakul karimah yang baik. Berdasarkan dari fenomena tersebut, peneliti mengambil penelitian di MTs Negeri 9 Blitar sebagai objek penelitian yang memiliki nilai karakter yang baik seperti, karakter religius dan karakter disiplin. Untuk mendalami hal tersebut, peneliti merumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana penanaman karakter religius peserta didik kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar?, 2) Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar?, 3) Bagaimana hasil dari upaya guru dalam meningkatkan karakter religius peserta didik kelas VII di MTs Negeri 9 Blitar?. adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan terkait penanaman, upaya guru, dan hasil dari upaya guru yang ada di MTs Negeri 9 Blitar dalam meningkatkan karakter religius peserta didik khususnya pada kelas VII. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Didalam pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) Penanaman yang dilakukan di MTs Negeri 9 Blitar dalam rangka meningkatkan karakter religius peserta didik khususnya pada kelas VII dilakukan melalui kegiatan pembiasaan yang selalu diterapkan oleh guru setiap hari kepada para peserta didiknya. Melalui kegiatan pembiasaan yang meliputi: melaksanakan sholat dhuha dan dholat dhuhur berjama’ah, selalu menerapkan perilaku disiplin baik dalam hal berpakaian dan waktu, dan wajib berdo’a sebelum dan sesudah belajar. 2) Upaya yang sudah diterapkan oleh guru yaitu dengan melaksanakan program wajib mengaji bagi peserta didik kelas 7 dengan memilih metode usmani sebagai metode pembelajarannya. Upaya yang dilakukan oleh guru BK yaitu dengan memberikan sanksi berupa hukuman menghafal ataupun menulis al-Qur’an. Selain itu, upaya yang dilakukan oleh guru-guru adalah dengan mengajarkan kepada peserta didiknya untuk selalu mengucapkan salam dan berjabat tangan ketika sedang bertemu guru ataupun temannya, melaksanakan program mingguan yaitu dengan shodaqoh jum’at dan tahlil bersama, ikut serta merayakan hari besar islam, dan melaksanakan kegiatan milad madrasah dengan konsep yang bernuansa islami. 3) Hasil dari upaya yang sudah diterapkan oleh guru diantaranya adalah perubahan pada tingkah laku peserta didik yang menjadi lebih baik dan disiplin dalam beribadah. Sedangkan hasil dari program wajib mengaji yaitu peserta didik yang tadinya belum bisa mengaji sekarang jadi bisa mengaji.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam > Madrasah tsanawiyah Pendidikan Pendidikan > Pendidikan Karakter |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 12201183195 KHOLIFATUS SUIDAH KHOIRIYAH |
Date Deposited: | 20 Nov 2023 02:49 |
Last Modified: | 20 Nov 2023 02:49 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42026 |
Actions (login required)
View Item |