MUHAMMAD NAUFAL, 12209193076 (2023) PERAN GURU ILMU PENGETAHUAN SOSIALDALAM MENINGKATKAN SIKAP SOPAN SANTUN DAN TANGGUNGJAWAB SISWADISMP BUSTANUL MUTA’ALLIMIN KOTABLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (482kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (131kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (186kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (130kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (196kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (105kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (108kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Peran Guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Meningkatkan Sikap Sopan Santun dan Tanggung Jawab Siswa di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar” yang ditulis oleh Muhammad Naufal, NIM. 12209193076. Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. Jani, M.M., M.Pd., NIP. 196602101985031001. Kata Kunci: Peran Guru IPS, Sopan Santun, dan Tanggung Jawab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sikap sopan santun dan tanggung jawab di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar seperti ketika kegiatan pembelajaran IPS tentunya masih banyak siswa yang tidak menghargai ketika guru sedang menerangkan dan tidak berbicara sopan santun kepada guru. Selain itu, sebagian siswa juga masih belum melaksanakan tanggung jawabnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan sikap sopan santun siswa di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar? 2) Bagaimana peran guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan Sikap Tanggung Jawab Siswa di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar? 3) Faktor pendukung dan penghambat guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan sikap sopan santun dan tanggung jawab siswa di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui peran guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan sikap sopan santun siswa di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. 2) Mengetahui peran guru ilmu pengetahuan sosial dalam meningkatkan sikap tanggung jawab pada siswa di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru Ilmu Pengetahuan Sosial dalam meningkatkan sikap sopan santun dan tanggung jawab di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data mengenai sikap sopan santun dan tanggung jawab ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian bahwa 1) Peran guru IPS dalam meningkatkan sikap sopan santun di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar berperan sebagai pendidik, pengajar, pengelola pembelajaran, penasihat, teladan dan pembimbing. Guru tidak hanya memberikan pengetahuan, namun juga membentuk moral siswa. 2) Peran guru IPS dalam meningkatkan sikap tanggung jawab di SMP Bustanul Muta’allimin Kota Blitar yaitu berperan sebagai informan, fasilitator dan pembimbing. 3) Faktor pendorong dalam meningkatkan sikap sopan santun dan tanggung jawab yaitu lingkungan berbasis pesantren, dorongan orang tua, motivasi dan peraturan. Sedangkan faktor penghambat guru dalam meningkatkan sikap sopan santun dan tanggung jawab yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan teman sebaya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS |
Depositing User: | 12209193076 MUHAMMAD NAUFAL |
Date Deposited: | 21 Nov 2023 08:17 |
Last Modified: | 21 Nov 2023 08:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/42093 |
Actions (login required)
View Item |